Aangsunu's Blog

Bursa Mainan Prumpung Jadi Pilihan

Posted by aangsunu on 21 July 2010

BERBURU mainan anak-anak tidak hanya di Pasar Pagi Asemka, Jakarta Barat. Tetapi bursa mainan anak-anak di kawasan Prumpung, Jakarta Timur, atau dikenal dengan sebutan Pasar Gembrong setelah Lebaran ini tetap padat dikunjungi masyarakat seperti pantauan Warta Kota pada hari Senin (6/10).
Tempat penjualan mainan itu mudah ditemui karena lokasi berdekatan dengan Jalan Raya DI Panjaitan. Di lokasi itu terdapat ratusan kios dengan menjual berbagai macam mainan anak-anak. Jumlah koleksi atau model tidak kalah jauh dengan lokasi penjualan mainan di Pasar Pagi Asemka. Selain itu harga mainan itu masih bisa ditawar oleh para calon pembeli.
Selain ditujukan oleh konsumen, tempat itu juga dipilih oleh para pedagang mainan dari daerah lain untuk berbelanja secara grosir. Para pedagang itu memilih di pasar itu karena lokasinya mudah dijangkau dibandingkan harus ke Pasar Asemka. Mengenai harga antara Pasar Asemka dengan Pasar Prumpung pun tidak jauh berbeda bahkan relatif sama.
“Menjelang Lebaran atau liburan sekolah tempat ini cukup ramai didatangi orang. Banyak orangtua mencari mainan di tempat ini. Bahkan setelah Lebaran ini pun masih banyak orang yang datang. Mungkin mereka masih pada libur. Sedangkan di hari biasa, pasar akan ramai pada akhir pekan seperti Sabtu dan Minggu,” kata Toni, salah seorang karyawan toko mainan di tempat itu.
Beberapa pedagang mengaku, saat liburan atau akhir pekan membuat omzet para pedagang meningkat banyak. Tidak hanya itu para pedagang pun harus lebih sering berbelanja untuk menjaga stok mainan. Mainan yang ditawarkan ditempat mulai dari bola plastik, pistol-pistolan, mobil remote control, helikopter remote control, mobil-mobilan berbagai merek. Harga ditawarkan mulai dari Rp 20.000 sampai Rp 700.000. Harga itu masih bisa ditawar oleh para calon pembeli.
Seorang pedagang mengaku, omzet penjualannya selama hari raya ini mengalami peningkatan cukup tinggi. Namun dia enggan menyebutkan nilai omzet selama hari raya ini. Sambil mengawasi karyawannya bekerja, dia hanya menyebutkan rata-rata dalam satu hari puluhan orang datang berbelanja. Dia mengatakan, mainan yang paling banyak dicari adalah mobil-mobilan dengan harga rata-rata Rp 35.000 dan mobil-mobilan remote control dengan harga rata-rata Rp 250.000.
Soal model, kata Wuri, mainan yang dijual di pasar ini tidak jauh berbeda dengan mainan di pusat perbelanjaan atau hipermarket. Dia mengungkapkan, harga mainan di tempat ini jauh lebih murah dibandingkan di pusat perbelanjaan. Apalagi bila membeli mainan dalam jumlah banyak masih bisa mendapatkan potongan harga lagi. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: