Aangsunu's Blog

IP Address Habis di Tahun 2012

Posted by aangsunu on 21 July 2010

KETERSEDIAAN IP address atau alamat protokol internet versi 4 (IPv4) secara global semakin terbatas dan akan habis di tahun 2012. Untuk itu Departemen Komunikasi dan Informatika melalui Ditjen Pos dan Telekomunikasi mengharapkan di tahun 2012 operator atau perusahaan jasa internet sudah memakai alamat protokol internet terbaru.
“IP address versi 4 ini ditingkatkan atau upgrade menjadi versi 6. Untuk mendukung perubahan ke versi 6 ini pemberian insentif alokasi baru berupa tarif yang relatif rendah untuk permintaan versi 6 ini. Dari penelitian Asia Pacific Network Infrastruktur Center (APNIC) alokasi IPv4 akan habis di tahun 2010. Sedangkan di tingkat pengguna lokal akan habis maksimal di tahun 2012. Hal itu disebabkan tumbuhan layanan broadband membuat IPv4 semakin cepat habis,” ujar Ditjen Postel Basuki Yusuf Iskandar, di Jakarta, Kamis (30/10).
Basuki mengatakan, untuk di Indonesia infrastruktur jaringan internet terus bertambah, semakin merata, dan harganya terjangkau. Di tahun 2010 jaringan fiber optik proyek palapa ring akan mulai beroperasi. Jaringan ini, kata Basuki, akan menghubungkan 50 persen dari 465 kota di Indonesia dengan total kapasitas mencapai 600 giga bite per second (Gbps). Jaringan ini akan menambah pengguna internet hingga 10 juta pengguna internet.
“Jaringan internet pendidikan yang dikembangkan sejak tahun 2006 diperkirakan di tahun 2012 akan menghubungkan 30 juta siswa ke internet. Jaringan e-goverment akan menyumbangkan 70 juta pengakses baru dan akses internet mobile akan diakses hingga 10 juta pengakses,” ujar Basuki.
Ke depannya, kata Basuki, berkurangnya IP address versi 4 karena pemanfaatan sumber daya internet seperti domain dan IP akan bergeser dari institusi ke individual. Teknologi akan semakin konvergen dan berjalan pada platform tunggal berbasis internte protocol (IP). Dengan terbatasnya IP address versi 4 ini akan menghambat lajunya pertumbuhan internet dan berpengaruh pada daya saing. Pemerintah, kata Basuki, bersama komunitas internet nasional akan memperjuangkan alokasi IP hingga 32 juta alamat IP.
Akibat buruk jika tidak berpindah dari versi 4 ke versi 6 juga dibenarkan oleh John Sihar Simanjuntak, Ketua Bidang Indonesia Network Information Center (IDN) APJII. Dia mengatakan, pertumbuhan pengakses dan pengguna internet akan terhambat. Sampai saat ini pengguna internet di Indonesia, berdasarkan data tahun 2007, mencapai 25 juta pengguna. Namun yang menjadi pelanggan baru mencapai 2 juta pelanggan internet.
“Umumnya setiap 9 bulan sekali terjadi pertumbuhan yang cukup meningkat. Namun saat ini terjadi tren penurunan. Namun untuk tahun 2008 belum dapat disebutkan jumlah pengguna dan pelanggan internet di Indonesia. Karena sampai  saat ini masih dalam tahap pengumpulan data,” ujar John. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: