Aangsunu's Blog

IPESEMO Bertahan di Antara Showroom Besar

Posted by aangsunu on 21 July 2010

TERIKNYA sinar matahari masih dapat terhalangi oleh rimbunnya pohon. Namun di kala hujan terkadang membuat sebagian latar menjadi basah karena terkena siraman air hujan yang tertiup oleh angin. Suasana itu tetap bertahan sejak puluhan tahun silam yang dirasakan oleh para pedagang sepeda motor seken di Jalan Manggarai Utara 6.
Para pedagang motor seken itu disebut juga pedagang motor kaki lima, karena mereka tidak memiliki showroom khusus. Motor yang akan dijual dipajang berjajar di bawah awning, yang sebagian juga sudah mulai bolong-bolong. Bahkan di salah satu sisi sudah tidak dapat digunakan karena awning rusak ditimpa pohon tumbang.
Beberapa waktu lalu, seiring cuaca Jakarta yang tidak menentu, para pedagang terlihat duduk dan sambil ngobrol sesama para pedagang. Seolah cuaca yang tidak menentu itu juga menggambarkan suasana perdagang sepeda motor seken di tempat itu juga sedang tidak menentu. Padahal beberapa waktu lampau tempat itu sempat menjadi sentra penjualan sepeda motor bekas di Jakarta.
Meski demikian para pedagang di tempat itu tetap kompak. Pedagang yang tergabung dalam wadah Ikatan Pedagang Sepeda Motor (IPESEMO) Manggarai itu saling melengkapi antar sesama pedagang. Saling melengkapi itu dikala salah satu pedagang tidak mempunyai stok motor, namun ada calon pembeli yang ingin mencari sepeda motor di pedagang itu.
“Sekarang seperti inilah kondisi sehari-hari. Penjualan atau pencari sepeda motor bekas mulai turun. Sekarang yang penting bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari sudah cukup. Anak dan isteri tetap dapat dipenuhi kebutuhan. Sekarang dalam sepekan rata-rata dapat menjual dua hingga tiga sepeda motor. Sangat berbeda dengan sebelum tahun 2000. Dulu bisa menjual tiga unit dalam satu hari,” ujar Nana Saifullah, pedagang di tempat itu.
Para pedagang di tempat itu sempat merasakan kejayaan dikala tempat itu menjadi sentra penjualan sepeda motor bekas kaki lima. Apalagi tempat itu merupakan tempat resmi yang didukung oleh Pemprov DKI Jakarta dan Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Kala itu sentra penjualan motor kaki lima, selain di Manggarai, juga terdapat di kawasan Batutulis, Jakarta Pusat. Namun penjualan motor di Batutulis sekarang ini sudah tidak ada lagi.
Sebagai sentra penjualan sepeda motor bekas, tempat ini menjadi rujukan para pedagang lain di luar Jakarta. Selain itu banyak pembeli yang datang dari luar Jakarta. Tidak hanya itu, para pedagang di tempat itu juga sering dipakai sebagai rujukan untuk menentukan biaya pajak kendaraan sepeda motor bekas. Ketika akan terjadi revisi pajak pembayar sepeda motor seken.
“Memang itu yang sempat dirasakan hingga 10 tahun lalu. Sekarang ini seolah menjadi sepi. Sekarang ini penjualan sedang turun. Jauh berbeda dengan kondisi lalu,” ujar seorang pedagang ketika Warta Kota tiba di tempat itu.
Nana mengatakan, kondisi tempat para pedagang ini sudah banyak berubah. Sebelumnya tempat ini cukup mencolok karena barisan motor yang dijajar rapi terliaht dengan mudah. Apalagi lingkungan di sekitar juga belum seramai seperti sekarang ini. Sekarang ini lokasi penjualan menyatu parkiran puluhan gerobak para pemulung.
Menurut pedagang yang sudah berjualan selama 26 tahun itu tempat atau lokasi para pedagang itu sempat direnovasi pada tahun 2000. Renovasi yang dilakukan dengan memperbaiki awning dan mencat ulang tiang-tiang penyangga awning itu. Seiring perjalanan waktu kondisi tempat berteduh para pedagang itu sudah mulai kembali usang. Padahal menurut para pedagang tempat penjualan sepeda motor seken ala kaki lima yang masih bertahan hanyalah di Manggarai.
“Kaki lima tetapi legal. Karena tempat ini mempunyai surat resmi. Ini menjadi satu-satunya tempat penjualan motor kaki lima di Jakarta yang masih bertahan,” ujar Nana. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: