Aangsunu's Blog

Yuk, Nostalgia dengan Makanan Blitar

Posted by aangsunu on 24 July 2010

sumber : Warta Kota
ORANG Jawa Timur yang merantau di Jakarta tidak jarang merasa kangen dengan masakan daerah asalnya.
Hanya saja ketika sudah mencicipi makanan yang diinginkan, terkadang rasanya tidak sesuai dengan yang dibayangkan. Tapi di Rumah Makan Kantinku, masakannya tampaknya sesuai dengan lidah orang Jawa dan sangat ‘rumahan’.
Rumah Makan Kantinku khusus menyajikan beragam masakan dari daerah Blitar, Jawa Timur. Umumnya yang dimasak adalah makanan rumahan sehari-hari dan lebih banyak menu sayuran. Ada pecel, nasi urap atau trancam, ayam kremes, soto blitar, sego berkat, rawon, dan masih banyak lagi.
Pecel blitar disajikan dengan aneka sayuran rebus. Minimal ada tujuh macam, terdiri dari daun pepaya, daun singkong, kenikir, bayam, kangkung, labu muda, kecipir. Ditambah dengan lauk seperti ayam goreng atau empal, tahu bacem atau tahu goreng. Masih ditambah lagi dengan tempe kikil oseng, peyek kacang dan kerupuk gendar.
Pecel ini bisa disantap dengan nasi putih atau dengan punten (lontong tanpa isi yang berasa gurih). Yang membedakan dari pecel madiun adalah bumbunya. Pecel blitar menggunakan daun jeruk dalam campuran bumbu kacangnya, sedangkan pecel madiun menggunakan perasan air jeruk limau pada bumbu kacangnya.
Bagi yang senang urapan sayur, bisa memilih nasi urap atau trancam komplit. Isinya terdiri dari nasi putih, aneka sayuran rebus (untuk urap) atau mentah (untuk trancam) dicampur dengan kelapa muda parut yang sudah dibumbui. Bisa ditambah dengan sayur lodeh nangka atau kluwih, ayam bakar, bakwan jagung, ikan asin, peyek dan kerupuk gendar.
Ayam kremesnya juga patut dicoba dan beda dengan yang dijual di restoran terkemuka. Meskipun sudah dingin, taburan kremesnya tetap renyah. Menurut pemilik rumah makan, Tanti, rahasia renyahnya kremes tersebut karena minyaknya benar-benar tidak menempel pada adonan tepung. Goreng adonan tersebut ditiriskan dari minyak selama tiga hari, baru kemudian disajikan.
“Kalau di tempat lain, sesaat setelah digoreng langsung disajikan. Jadi saat dingin kumpulan minyaknya yang belum tiris langsung terlihat dan itu yang membuat kremesnya jadi tidak keras lagi. Tidak baik juga bagi kesehatan,” ujarnya.
Jangan lupa untuk mencoba soto blitar. Sekilas mirip dengan soto madura, soto ayam dengan kuah kaldu bening. Isinya suun, tauge pendek, kol, kucai ditambah lagi dengan taburan kentang yang dipotong kotak tipis. Soto ini mengingatkan pada soto buatan ibu di rumah.
Rawonnya juga mengingatkan dengan masakan rumah. Menurut Tanti, suatu saat ada seorang pelanggan yang tidak yakin dengan rasa rawon buatannya. Namun setelah mencobanya malah jadi ketagihan. Setiap kali datang, pelanggannya itu selalu minta nasi pecel disiram dengan kuah rawon. “Banyak sih pelanggan yang minta seperti itu,” tuturnya.
Ada pula makanan yang tidak terlalu berat seperti tahu lontong, tahu petis, rujak cingur, bakso lontong kikil, ote-ote (bakwan tauge), tempe gembus. Ada beberapa bahan yang didatangkan langsung dari Blitar, seperti terasi, petis dan krupuk gendar. Dengan alasan masih terjaga keaslian dan memiliki rasa yang khas.
Harga yang dipatok untuk paket nasi rata-rata Rp 23.000 per porsi. Sedangkan untuk rujak cingur Rp 27.000 per porsi. Bisa juga hanya pesan pecel atau urapan saja dengan porsi kecil (untuk dua orang) hingga besar (untuk delapan orang) dengan harga Rp 20.000-Rp 50.000. Lontong tahu Rp 13.000 per porsi.
Rumah makan yang dibuka pada tahun 2006 ini sangat sederhana, menempati rumah bekas tempat percetakan. Ciri khasnya di depannya terdapat tembok yang terbuat dari anyaman rotan yang juga menghiasi dinding-dinding dalam ruangan tersebut.
Para pelanggan bisa memilih duduk di teras ataupun di dalam ruangan. Satu meja bisa diisi empat hingga enam orang. (Dian Anditya Mutiara)
Rumah Makan Kantinku
Jalan Mesjid I No. 16 Pejompongan (Masuk dari jalan PAM lama) Jakarta Pusat. Telepon: 68880148, 70069289.
Buka: 10.00 – 21.00, Minggu libur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: