Aangsunu's Blog

Holcim Tawarkan Waralaba Solusi Rumah Holcim

Posted by aangsunu on 26 July 2010

PRODUSEN semen, PT Holcim Indonesia Tbk, menawarkan bisnis waralaba Solusi Rumah Holcim, yakni layanan satu atap mulai dari perencanaan bangunan hingga belanja bahan bangunan. Solusi Rumah Holcim ditargetkan hingga akhir tahun 2008 akan mempunyai gerai sebanyak 31 gerai di seluruh pulau Jawa.
Rusli Setiawan, Direktur Relationship Management PT Holcim Indonesia Tbk, usai memperkenalkan Solusi Rumah Holcim, di pabrik semen PT Holcim Indonesia Tbk, mengatakan, kebutuhan rumah di Indonesia masih sangat besar. Dia mengatakan, Indonesia membutuhkan rumah setiap tahunnya sebanyak 600.000 unit.
“Ini yang dijadikan peluang untuk menawarkan konsep ini. Dalam konsep Solusi Rumah Holcim, konsumen mendapatkan layanan mulai dari perencanaan keuangan untuk membangun rumah, akses ke bank jika ingin memperoleh kredit  rumah, baik untuk pembangunan rumah baru atau renovasi. Untuk akses ke bank bekerja sama dengan Bank BRI,” ujar Rusli lokasi pabrik yang terletak di Narogong, Kabupaten Bogor, Kamis (22/5).
Peterson Siringoringo, Manager Construction Design & Engineering Manager PT Holcim Indonesia Tbk, mengatakan, selain itu dalam layanan ini juga konsumen dapat membeli bahan bangunan yang telah disiapkan oleh Solusi Rumah Holcim. Layanan ini dapat membangun rumah tipe 36, tipe 45, dan tipe 54.  Sebelum melakukan pembangunan, konsumen akan mendapatkan rencana pembiayaan untuk membangun yang dilayani oleh costumer service yang bertugas.
Untuk mendekatkan layanan ini kepada masyarakat perusahaan menawarkan Solusi Rumah Holcim dengan konsep waralaba. Peterson mengatakan, masyarakat yang ingin berusaha di bidang layanan ini dibutuhkan dana sebesar Rp 1 miliar. Dana itu dipakai untuk mesin produksi, dukungan peralatan dan software, dukungan marketing, pelatihan para calon pekerja, dan suplai bahan baku. Dari investasi yang dikeluarkan itu diperkirakan investor akan break even point (BEP) dalam jangka waktu 2,5 tahun.
“Akan tetapi jumlah itu dapat berkurang jika investor sudah mempunyai bangunan yang bisa diutilisasi sehingga dapat mengurangi investasi awal. Sofware di sini adalah perangkat lunak yang akan dipakai untuk melakukan estimasi pembiayaan pembangunan serta gambaran rancang bangunan rumah yang akan dibangun. Peralatan itu didukung dari Holcim,” kata Peterson.
Peterson mengungkapkan, para pekerja yang akan bekerja itu akan mendapatkan pelatihan oleh Holcim. Untuk menjalankan usaha itu dibutuhkan tenaga kerja sebanyak 23 orang karena tempat ini juga menjalankan produksi seperti membuat bataton dan genting.  (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: