Aangsunu's Blog

Menjelang Lebaran Biaya Jasa Pengiriman akan Naik

Posted by aangsunu on 26 July 2010

MENJELANG hari raya Lebaran ongkos jasa pengiriman sepeda motor ke luar Jakarta diperkirakan akan naik. Diperkirakan ongkos jasa pengiriman itu akan naik sekitar 20 persen. Sementara layanan jasa pengiriman itu akan libur atau berhenti beroperasi melayani pada dua hari menjelang hari raya Lebaran.
Elis, pengelola PT Benny Putra di Stasiun Senen, Senin (1/9), mengatakan, biasanya ongkos jasa pengiriman kendaraan ke luar Jakarta akan mengalami kenaikan seperti hari raya tahun lalu. Pada tahun lalu ongkos jasa pengiriman mengalami kenaikan antara 20 persen sampai 30 persen dibandingkan hari biasa.
“Namun untuk sekarang belum diketahui karena belum diputuskan berapa besar kenaikan ongkos jasa pengiriman. Biasanya kenaikan harga itu berlaku menjelang hari raya. Untuk saat ini ongkos jasa pengiriman belum ada perubahan. Masih sama dengan hari biasa,” ujar Elis.
Elis mengatakan, menjelang hari raya pengiriman kendaraan, terutama sepeda motor, akan mengalami peningkatan. Pada hari biasa rata-rata pengiriman sepeda motor antara 15 unit sampai 20 unit sepeda motor. Semakin mendekati hari raya pengiriman kendaraan akan meningkat hingga 100 persen. Karena kendaraan di saat pulang mudik juga dibutuhkan.
Saat ini Benny Putra melayani jasa pengiriman sepeda motor ke kota Semarang, Yogyakarta, Solo, hingga Surabaya. Pengiriman sepeda motor itu menggunakan angkutan kereta api. Misalnya ke Yogyakarta, pengiriman kendaraan itu memakai gerbong barang kereta api Taksaka. Namun, kata Elis, mendekati puncak arus mudik pengiriman itu akan dialihkan menggunakan truk.
“Sekarang masih memakai kereta api. Namun mendekati puncak arus mudik akan menggunakan truk karena gerbong barang akan diganti dengan gerbong penumpang. Selain itu, kami melayani pengiriman terakhir pada hari Jumat tanggal (29/9) atau H-2. Kami baru buka lagi H+3 karena pada hari itu sudah mulai berdatangan kendaraan yang datang ke Jakarta dan juga mulai ada pengiriman kembali,” ujar Elis.
Pengiriman barang melalui jasa pengiriman masih menjadi pilihan masyarakat Jakarta. Misalnya mengirim sepeda motor ke daerah akan lebih aman dengan menggunakan jasa pengiriman ini. Di PT Benny Putra, pengirman sepeda motor harus melampirkan STNK untuk keamanan kendaraan dalam pengiriman. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: