Aangsunu's Blog

Menjelang Lebaran Sewa Kendaraan Akan Naik

Posted by aangsunu on 26 July 2010

MENJELANG Lebaran, seperti biasa, permintaan sewa mobil akan melonjak. Untuk tahun ini pun demikian. Sebanyak 30.000 unit kendaraan yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Indonesia (Aspermindo) DKI Jakarta siap untuk disewa. Selain itu harga sewa kendaraan mengalami kenaikan antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000.
“Saat hari raya memang ada kenaikan namun kenaikan itu sudah kami perhitungkan dari inflasi, naiknya harga BBM, dan daya beli masyarakat. Kenaikan sewa kendaraan itu tidak dihitung dalam persentase. Jika dihitung dengan persentase memberatkan konsumen. Kenaikan itu berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000 dengan lama menyewa kendaraan itu,” ujar Bohal Tobing, Ketua DPD Aspermindo DKI Jakarta, saat dihubungi Warta Kota, Selasa (2/9).
Bohal mengatakan, saat ini calon penyewa mulai menghubungi perusahaan rental untuk bertanya mengenai harga kendaraan. Dia memperkirakan lonjakan akan terlihat dua pekan sebelum Lebaran. Bohal mengungkapkan, sebelum puasa permintaan akan sewa kendaraan cukup tinggi untuk dipakai pergi berziarah ke makam. Setelah itu kendaraan kembali ke perusahaan karena hingga dua pekan selama puasa permintaan akan turun.
Siti, dari Tobana Rent a Car mengatakan, saat ini sudah mulai banyak calon penyewa yang menelepon. Untuk Lebaran ini menawarkan paket sewa kendaraan selama 10 hari. Biaya sewa kendaraan selama 10 hari itu akan lebih murah dibandingkan menyewa kendaraan selama tujuh hari. Kendaraan yang banyak dicari penyewa adalah kendaraan jenis minibus atau MPV, seperti Daihatsu Gran Max, Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, Suzuki APV, Kijang kapsul, dan Kijang Innova.
“Semakin mendekati Lebaran biasanya permintaan akan meningkat. Kami menyarankan kepada calon penyewa bila ingin menyewa lebih baik memesan kendaraan jauh-jauh hari. Setelah dipesan, penyewa tinggal menentukan waktu pengambilannya. Soal waktu pengambilan diserahkan kepada penyewa. Seperti beberapa waktu lalu kendaraan diambil satu hari sebelum Lebaran,” ujar Siti.
Thomas, dari Jaya Rent a Car, mengatakan, menjelang Lebaran harga sewa kendaraan biasanya naik. Dia memperkirakan harga sewa kendaraan akan naik hingga 30 persen dibandingkan hari biasa. Selain itu permintaan akan sewa kendaraan juga akan meningkat.
“Lebih baik memesan kendaraan jauh-jauh hari. Mungkin sekarang ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan survei harga. Setelah itu segera memesan kendaraan yang akan disewa. Jika terlalu mepet dikuatirkan kendaraan sudah banyak dipesan,” kata Thomas. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: