Aangsunu's Blog

Roaming Internasional Melalui Jaringan CDMA dan GSM

Posted by aangsunu on 26 July 2010

OPERATOR telepon seluler (ponsel) berbasis  code division multiple access (CDMA) PT Mobile-8 Telecom Tbk, dengan brand product Fren, memberikan kemudahan kepada pelanggannya untuk menikmati layanan roaming internasional. Layanan roaming itu tidak hanya memanfaatkan jaringan CDMA tetapi juga memakai jaringan global system for mobile communication (GSM) yang diperkenalkan di Jakarta, Rabu (16/4).
Susanto Sosilo, Direktur Pemasaran & Penjualan PT Mobile-8 Telecom Tbk, mengatakan, layanan roaming internasional dengan memakai dua jaringan sekaligus baru pertama kali di dunia dan di Indonesia dilakukan oleh Mobile-8 selaku operator CDMA. Untuk mendapatkan layanan itu pelanggan Fren cukup memakai kartu Fren yang bernama world passport.
“Ini dapat dilakukan karena Mobile-8 tergabung dalam GSM Association (GSMA) dengan status rapporteur. Status ini dalam GSMA memungkinan operator non GSM untuk bekerja sama dengan para operator GSM dalam melakukan layanan roaming melalui asosiasi ini,” kata Susanto.
Merza Fachys, Director & Chief Corporate Affairs PT Mobile-8 Telecom Tbk, menambahkan, untuk sementara layanan ini baru bisa diberikan kepada para pelanggan Fren pascabayar. Saat ini jumlah pelanggan pascabayar mencapai 10 hingga 12 persen dari total pelanggan Fren yang di tahun 2007 mencapai 1,5 juta pelanggan. Setelah itu pelanggan prabayar juga akan menerima layanan ini.
Mengenai  perhitungan tarif roaming internasional itu dalam peluncuran kemarin tidak disebutkan satu persatu. Merza mengatakan, setiap operator di masing-masing negara mempunyai penghitungan atau skema tarif yang berbeda-beda. Ada penghitungan tarif ditambah, dan ada penghitungan tarif yang didiskon. Dia hanya mengatakan, tarif roaming internasional ini cukup kompetitif.  (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: