Aangsunu's Blog

Transaksi Melalui Mobile Walllet

Posted by aangsunu on 26 July 2010

TELEPON seluler (ponsel) sebelumnya hanya dipakai untuk berbicara antar pengguna ponsel. Kemudian berkembang untuk pengiriman pesan singkat atau SMS. Saat ini sudah berkembang menjadi salah satu alat untuk menikmati berbagai multimedia yang ditawarkan oleh para operator dan perusahaan penyedia konten atau content provider.
Sekarang ponsel juga dapat dipakai sebagai alat bantu untuk melakukan transaksi pembayaran, seperti berbelanja. Seperti yang ditawarkan oleh operator ponsel Telkomsel. Operator menawarkan alat transaksi pembayaran mobile atau mobile wallet yang diberi nama T-Cash.
T-cash ini sudah dikenalkan sejak November 2007 dan berfungsi sebagai alat bayar atau transaksi secara elektronik. Layanan ini dapat dilakukan setelah mendapatkan izin dari Bank Indonesia untuk membuat mobile wallet. Meski sudah diperkenalkan sejak tahun 2007 jumlah penggunanya masih belum terlalu banyak. Jumlah pengguna baru tercatat sebanyak 10.000 pelanggan.
Bambang Supriyogo, VP Mobile Commerce Telkomsel, beberapa waktu lalu mengatakan, masih terbatasnya pengguna layanan ini karena dibutuhkan edukasi yang cukup banyak kepada para pelanggan Telkomsel. Awalnya target pengguna ini diharapkan dapat mencapai 10 persen dari total pelanggan Telkomsel. Ketika itu untuk memberikan edukasi ini cukup melalui layanan SMS.
Fitur itu diluncurkan karena berdasarkan data dari Bank Indonesia menunjukkan 63 persen dari transaksi di Indonesia di tahun 2006 menggunakan pembayaran dalam nominal kecil. Sementara mengacu pada standar Weidong Kou pada payment technologies for e-commerce bahwa pembayaran dengan nominal kecil di bawah Rp 120.000 sudah saatnya difungsikan kepada pengguna ponsel.
Data lain juga menunjukkan mobile wallet telah menjadi tren di dunia. Di Filipina melalui operator Globe Telecom dengan produk G-Cash telah digunakan oleh 42 persen masyarakat di negara itu. Rata-rata transaksi dari operator itu mencapai 100 juta dolar AS atau setara dengan 1,3 juta pelanggannya. Sementara Juniper Research pengguna mobile banking bakal menembus hingga 816 juta orang di tahun 2011. Angka itu meningkat 10 kali lipat dibandingkan tahun 2007.
T-Cash ponsel yang dimiliki pelanggan dapat berfungsi seperti dompet penyimpanan uang. Namun dalam bentuk digital cash. Mobile wallet ini bisa digunakan untuk pembelian barang, cek saldo, cek transaksi yang pernah dilakukan, hingga pengambilan tunai. Termasuk pembelian pulsa isi ulang.
Untuk menggunakan layanan ini cukup melakukan registrasi melalui SMS dengan mengetik reg (spasi) Tcash (spasi) nama (spasi) tanggal lahir (spasi)  nama ibu kandung dan kirim ke nomor 2828. Setelah itu melakukan pengisian dengan setoran minimal Rp 50.000 atau kelipatannya di merchant seperti Indomaret dan Fuji Image Plaza (FIP). Rencananya pengisian itu dapat dilakukan melalui transfer melalui mobile banking atau bank.
“Bahkan saat ini gerai Indomaret yang melayani layanan ini semakin banyak. Jumlah gerai yang beroperasi untuk layanan mobile wallet mencapai 1.000 gerai Indomaret di Pulau Jawa, Bali, dan Lampung,” kata Bambang.
Operator ini membuat program promosi terhadap layanan ini. Hingga tanggal 15 Oktober mendatang setiap transaksi pembelanjaan menggunakan T-Cash di Indomaret minimal Rp 50.000 akan mendapatkan bonus 10 poin dari Telkomsel poin. Sedangkan yang 10.000 pertama pendaftar dengan nilai Rp 50.000 akan mendapatkan bonus pulsa Rp 10.000 bagi pelanggan Kartu Simpati dan Kartu As, dan potongan pulsa Rp 10.000 bagi pelanggan Kartu Halo. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: