Aangsunu's Blog

  • August 2010
    M T W T F S S
    « Jul   Sep »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

Lebih 5.000 Unit Mobil Terpesan di IIMS

Posted by aangsunu on 1 August 2010

SEBANYAK 5.000 unit surat pemesanan kendaraan (SPK) lebih dapat dijaring di arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 dengan nilai transaksi mencapai Rp 2 triliun. Jumlah SPK yang terpesan itu termasuknya pemesanan empat unit Mercedes SLS AMG seharga Rp 4,6 miliar.
PT Mercedes Benz Indonesia, pemegang merek Mercedes di Indonesia, berdasarkan data akhir pekan telah mendapat pemesanan kendaraan sebanyak 100 unit. Empat diantarnya adalah Mercedes SLS AMG yang dibandrol Rp 4,6 miliar/unit. Pintu sisi kiri dan kanan dibuka ke atas atau gullwing.
Presiden Direktur PT Mercedes Benz Indonesia Rudi Borgenheimer mengatakan, selama IIMS jumlah SPK yang terpesan sebanyak 100 unit SPK. Untuk Mercedes SLS AMG, Mercedes Benz Indonesia mendapatkan total pemesanan sebanyak 25 unit. Empat unit melalui ajang IIMS, dan 21 unit sebelum IIMS digelar.
“Peminat tipe SLS AMG ini sebenarnya cukup banyak. Bagi yang ingin memesan menunggu tahun depan. Selain tipe itu, Mercedes Benz E-250 Cabriolet juga diminati. Ada 20 SPK untuk tipe itu yang dijual dengan harga Rp 1,09 miliar,” kata Rudi akhir pekan lalu.
Data pemesanan kendaraan atau SPK itu berdasarkan pengumpulan data hingga Kamis dan Jumat (29/30/7). Jumlah SPK terbanyak berasal dari PT Toyota Astra Motor (TAM), pemegang merek Toyota di Indonesia. TAM mendapatkan pemesanan kendaraan sebanyak 2.900 unit. Jumlah pemesanan terbanyak berasal dari Toyota Avanza yang mencapai 1.370 unit.
Sedangkan pemegang merek Daihatsu di Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM), jumlah SPK yang sudah terpesan sebanyak 233 unit. Head Domestic Marketing Division PT ADM Elvina Afny mengatakan, selama pameran ini Daihatsu hanya menargetkan penjualan sebanyak 250 unit. Target itu mirip dengan penjualan saat IIMS tahun 2009.
“Pemesanan terbanyak dari Daihatsu Xenia. Jumlah itu merupakan jumlah yang terjual selama di IIMS saja. Soalnya ada yang mengklaim penjualannya banyak. Namun penjualan itu dihitung secara nasional selama satu bulan berjalan, tetapi diklaim di pameran ini,” kata Elvina.
Sementara PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), pemegang merek Mitsubishi di Indonesia, mendapatkan pemesanan kendaraan sebanyak 340 unit. Jumlah pemesanan terbanyak dari varian Mitsubishi Pajero Sport yang mencapai 300 unit. Setelah IIMS, KTB akan merilis secara resmi varian baru Pajero Sport transmisi manual 4 x 2. Selama ini Pajero Sport 4 x 2 hanya menawarkan transmisi otomatis.
Sementara produsen asal Amerika Serikat General Motors yang diwakili oleh PT General Motors AutoWorld Indonesia (GMAI) yang sempat absen di ajang IIMS juga mendapatkan pemesanan kendaraan sebanyak 159 unit. Varian baru dari GMAI, Chevrolet Spark, menjadi primadona GMAI di IIMS. Varian itu mendapatkan order sebanyak 55 unit.
Menurut Direktur Penjualan GMAI Beteng Santoso, kategori SPK yang dihitung oleh GMAI adalah SPK yang sudah membayar tanda jadi. Tanda jadi untuk pemesanan itu adalah Rp 2,5 juta dan Rp 5 juta. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: