Aangsunu's Blog

  • August 2010
    M T W T F S S
    « Jul   Sep »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

Wuih, Segarnya Soto Semarang

Posted by aangsunu on 1 August 2010

sumber : Warta Kota
MAKANAN khas dari Semarang, Jawa Tengah, beraneka ragam. Salah satunya tentu saja lunpia semarang sangat terkenal dan menjadi ikon dari kota tersebut. Selain itu ada juga soto semarang yang tak kalah lezat dan tentunya berbeda dengan jenis soto dari daerah lain.
Soto semarang kuahnya bening sedikit kecokelatan, menebarkan aroma harum wangi bawang putih yang tajam. Suwiran daging ayam yang empuk dan paduan suun, plus daun bawang-seledri serta bawang goreng, menambah kuat aromanya.
Kalau pesan soto ini sebaiknya jangan dipisah nasi dengan sotonya. Yang namanya soto semarang pasti soto campur, jadi dimangkuknya (mangkuk kecil seperti mangkuk sekoteng) nasi dan sotonya sudah dicampur. Tambahan sedikit sambal, kecap manis, dan juga kucuran jeruk nipis, membuat rasanya jadi makin enak!
Kebiasaan warung soto di Semarang, kalau tidak ada permintaan khusus maka nasi dan sotonya selalu dicampur. Di Warung Bella Soto Semarang Asli yang ada di Cikini, Jakarta Pusat, untungnya tidak seperti itu. Di daftar menu ada dua pilihan, soto campur nasi atau soto saja tanpa nasi.
Di setiap meja juga terhidang semangkuk sate telur puyuh, sate kerang, telur rebus yang dimasak bumbu bacem dengan diberi kuah. Ada juga gorengan seperti tempe, perkedel kentang, bakwan jagung. Lauk ini memang sengaja disediakan untuk menemani makan soto.
“Kalau orang Semarang makan soto pasti ditambah dengan kuah bacem. Jadinya memang rasa kuahnya sedikit manis. Pada dasarnya masakan Jawa Tengah itu manis,” ungkap Agus Harsono, pemilik Warung Bella.
Warung yang sudah berdiri sejak tahun 2004 ini menempati halaman rumah milik Agus sendiri. Bagian depannya disulap seperti dapur sederhana tempat meracik soto. Meskipun ada pikulan, tapi kuwali tempat menggodok kuah soto tidak tampak. Yang ada hanya panci berukuran besar.
Meskipun bening, tetapi yang dipakai 100 persen kuah kaldu yang diambil dari ayam kampung, Kalau dilihat sekilas mirip dengan soto kudus. Adapun yang membedakan, soto kudus menggunakan kuah kental dari bumbu kemiri dan tauge.
Di warung itu juga tersedia menu empal gepuk Semarang. Daging empal yang dimasak dengan bumbu-bumbu dan sebelum digoreng ditumbuk hingga gepeng. Rasanya pun sangat manis. Dimakan bersama lalapan dan sambal.
Didatangkan dari Semarang
Bagi yang tidak mau makan terlalu berat, lunpia Semarang dan tahu petis bisa menjadi alternatif yang cukup mengenyangkan. Makan lunpia ini ada keunikan sendiri, ketika menggigitnya ada aroma khas yang keluar dari rebung yang telah diolah dengan udang, ayam, dan telur. Dimakan bersama saus bawang putih dan sedikit gula merah yang dikentalkan, serta cabai rawit.
Menurut Agus, khusus lunpia, dirinya mengaku tidak membuat sendiri, tetapi langsung didatangkan dari Semarang. Setiap tiga hari sekali dikirim sebanyak 400 potong lunpia basah. Sepotong lunpia dijual dengan harga Rp 7.000. Tidak jarang pula pelanggannya membeli lunpia basah untuk dibawa pulang.
Sementara itu untuk tahu petisnya menggunakan jenis tahu pong. Tahu ini digoreng agak garing, lalu dibelah tengahnya tidak sampai putus dan diisi dengan bumbu petis yang manis. Petisnya juga diambil dari Semarang. Masih ada lagi makanan Semarang yang khas seperti tahu gimbal, petis kangkung.
Harganya pun cukup terjangkau, satu porsi soto campur Rp 9.000, sate kerang dan telur puyuh Rp 4.000 per tusuk, tempe/tahu bacem/gorengan Rp 2.000 per potong, empal gepuk plus lalapan Rp 12.000.
Beberapa pejabat dan artis pun menjadi pelanggan tetapnya. Dan sepertinya memang warung ini cocok untuk mereka yang kangen dengan makanan kampung halamannya di Semarang. Warung ini pun terima pesanan untuk pesta atau acara-acara pertemuan. (Dian Anditya Mutiara)
Warung Bella
Jalan Cikini IV No 12
Gondangdia, Jakarta Pusat
Buka: 08.00-20.00, Minggu libur
Telp: 319097568, 70888600

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: