Aangsunu's Blog

  • August 2010
    M T W T F S S
    « Jul   Sep »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

Citi Succes Fund Kembali Digelar

Posted by aangsunu on 2 August 2010

DENGAN dana dari Citi Foundation Rp 1,4 miliar atau 154.000 dolar AS, Citi Peka bersama Yayasan Hope meluncurkan program Citi Succes Fund (CSF) 2010 untuk para guru di Jakarta. Citi Succes Fund tahun ini bertemakan kewirausahaan dan kemandirian finansial.
Country Business Manager Citi Private Bank Citi Indonesia David Gormley mengatakan, guru sebagai bagian utama dari sekolah berperan menstimulasi para siswa untuk menjadi individu yang kreatif dan mandiri. Hal itu akhirnya akan berkontribusi pada pengembangan jiwa wirausaha siswa sehingga tema CSF tahun ini ikut mendukung para guru dalam memberikan pendidikan kewirausahaan dan kemandirian finansial untuk para siswanya.
“Berdasarkan data dari Biro Pusat Statistik (BPS) tahun 2006 di Indonesia terdapat 48,9 juta UKM. Jumlah itu dapat menyerap 80 persen tenaga kerja dan menyumbang 62 persen pendapatan domestik bruto di luar migas,” kata David, akhir pekan lalu.
David mengatakan, pada tahun yang sama data dari Global Entrepreneurship Monitor (GEM) terdapat 19,3 persen penduduk berusia 18 hingga 64 tahun yang terlibat dalam pengembangan bisnis baru atau usia bisnis kurang dari 42 bulan. Angka itu merupakan angka tertinggi kedua di Asia setelah Filipina (20,4 persen), dan di atas China (16,2 persen).
Dari data-data itu, kata David, CSF mendorong guru-guru SMA untuk bekreasi dalam membuat kegiatan pembelajaran yang menarik bagi perkembangan siswa. Tentu kegiatan pembelajaran yang dibuat oleh para guru itu disesuaikan dengan tema yang ditentukan dalam CSF ini.
Pada tahun ini program CSF memberikan bantuan finansial kepada guru SMA untuk membuat program pembelajaran yang berada di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Denpasar. David mengatakan, kegiatan CSF ini sangat diminati oleh para guru dengan meningkatnya jumlah proposal yang diajukan oleh para guru. Sampai tahun 2009 jumlah proposal yang sudah diterima mencapai 4.483 proposal.
Mengenai teknis pelaksanaan CSF tahun ini, Country Director Yayasan Hope Indonesia Charles Ham mengatakan, proposal harus dikirim ke panitia pada tanggal 7 September 2010 dan proses seleksi proposal akan berlangsung hingga bulan November 2010. Pengumuman pemenang akan disampaikan pada tanggal 23 November 2010. (ang)

Kriteria dalam mengajukan proposal CSF :
1. Interaction/interaksi : Seberapa besar unsur interaksi yang terjadi antara guru dengan siswa, atau siswa dengan masyarakat saat menjalankan aktivitas program.
2. Enrichment/pengayaan : unsur pengayaan dalam pembelajaran yang didapat siswa saat menjalankan aktivitas program.
3. Reflection/pemikiran: seberapa besar para siswa maupun guru dapat mengambil hikmah atau pembelajaran saat menjalankan aktivitas program itu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: