Aangsunu's Blog

  • October 2010
    M T W T F S S
    « Sep   Nov »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    25262728293031

Es Krim dan Burger Ubi Bikin Sehat

Posted by aangsunu on 30 October 2010

sumber : wartakota

Ubi yang konon merupakan makanan ndeso ini biasanya berakhir dengan digoreng atau direbus. Meskipun begitu khasiatnya bagi tubuh tidak boleh dispelekan. Di kafe yang satu ini, ubi ungu telah disulap menjadi aneka makanan lezat seperti burger, es krim, brownies, jus. Penasaran?
Tidak pernah terbayangkan sebelumnya, ubi ungu bisa menjadi es krim. Tapi ketika saya mencobanya, rasa ubi yang ada di benak tidak terasa sama sekali. Layaknya makan es krim, lembut dan dingin. Tidak beraroma ubi.
Awalnya kami mencoba es burger. Suapan pertama saat es krim melewati tenggorokan wuihh… rasa adem langsung menyebar keseluruh tubuh. Dingin dan enak karena rasanya tidak terlalu manis.
Roti yang menangkup es krim saat dijawil juga cukup empuk. Warnanya senada dengan es krim, karena sama-sama terbuat dari ubi ungu. Rotinya yang terbuat dari ubi oranye tidak sepadat roti biasa yang terbuat dari tepung. Bagi saya dimakan tanpa es krim pun rasanya tetap enak.
Perlu diketahui bahwa ubi ungu ini mengandung antosianin yang tinggi yang berguna antara lain untuk mencairkan darah kental penyebab migren, disfungsi seksual, letih-lesu-loyo, untuk menyerap racun-racun dalam tubuh, mencegah kanker. Dan sebuah penelitian di Okinawa Jepang yang masyarakatnya mengkonsumsi ubi ungu secara rutin mencapai usia lanjut terbanyak di dunia.
Sementara itu untuk ubi yang berwarna oranye mengandung beta karoten yang sangat baik untuk kesehatan mata. Sedang didalam ubi kuning terdapat lutein zat melatonin yang salah satunya bisa membuat tidur nyenyak.
“Ubi jalar termasuk dalam rendah karbohidrat sehingga sangat baik juga bagi mereka yang memiliki penyakit degeneratif seperti stroke, kanker, diabet, jantung dan yang pentin juga mengandung serat tinggi,” kata Adi Kharisma pemilik kafe Sweet Purple Corner.
Untuk minumannya saya mencoba simbiotik frappe ubi ungu. Rasanya ada sedikit aroma ubi rebus, manis dan dingin. Terbuat dari campuran pasta ubi, susu non diary cream diblender jadi satu. Teksturnya agak padat.
Tetapi kalau tidak suka itu, ada alternatif lain, yaitu jus ubi jalar. Masih juga terbuat dari ubi ungu, hanya saja diambil ekstraknya menjadi seperti sirup, lalu dicampur dengan jeruk nipis dan es batu sehingga warnanya menjadi merash. Rasanya sangat segar.
Ada juga Ayubi Burger terdiri atas roti ubi, probio chicken ubi kuning, dan purple mayo (mayonese yang terbuat dari ubi). Ayamnya dilumat bersama ubi kuning dan dibuat menyerupai daging burger yang pipih dan bundar. Rasanya lumayan enak juga dan jauh lebih menyehatkan dari burger biasa.
Tak ketigalan, bagi yang fanatik dengan ubi yang digoreng, disedikan pula daigako. Uniknya ubi goreng ini dimakan dengan cocolan mayonesse ubi ungu.
Semua bahan menggunakan pasta ubi, hanya saja pengolahannya dilakukan di Denpasar-Bali, dimana Adi pertama kali membuka kafe serupa dan kini dikelola oleh sang istri. Disana dirinya pun memiliki kebun untuk menanam ubi Jepang tersebut. Setiap dua minggu sekali dirinya mendapatkan kiriman pasta sebanyak 50 kg.
Sebenarnya masih banyak jenis makanan yang dibuat oleh Adi, hanya saja menurutnya tidak mudah untuk memperkenalkan makanan yang sehat kepada masyarakat. Diantaranya yang telah dibuat bakpau tiga warna dengan isian ubi ungu, brownies ubi, nasi ubi ungu, mi ubi. Namun untuk bakpau ini hanya khusus dijual di RS Kanker Dharmais, Jakarta Barat.
“Tapi memang tidak mudah untuk mengenalkan sesuatu yang masih baru, Masyarakat kita terbiasa dengan makanan yang umum. Untuk itu saya disini lebih banyak melakukan pendekatan dengan komunitas seperti Yayasan Jantung Indonesia, Autis dan sekolah-sekolah,” ujar ayah dua anak ini.
Untuk dapat menikmati seluruh makanan tersebut, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu besar. seporsi Ayubi burger Rp 14.000, es burger Rp 12.000, daigako Rp 8.000 per porsi, jus ubi Rp 8.000, youghurt simbiotik frappe Rp 17.000, frappe ubi ungu Rp 12.000,
Bagi mereka yang ingin menikmati jajanan sehat, tak ada salahnya mencoba hidangan berbahan dasar ubi ungu ini! (Dian Anditya Mutiara)

Sweet Purple Corner
Bintaro 9 Walk (pusat jajanan Bintaro)
Bintaro Sektor 9
Tangerang
Buka: 11.00-22.00
Telepon: 087877977527

5 Responses to “Es Krim dan Burger Ubi Bikin Sehat”

  1. vmwohb said

    Gak nyangka ubi banyak juga khasiatnya. Dengan banyaknya kreasi panganan berbahan dasar ubi kita jadi gak bosan mengkonsumsi ubi🙂 makasih infonya

  2. This is a helpful suggestion.. 🙂

  3. Joline Crofts said

    Just posted to say this information is as amazing. The creativity in your post is simply great and I could assume you’re a craftsman on this subject. With your okay I would love to grab your RSS feed to keep up with with upcoming posts. Appreciate it and please keep up the supurb work.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: