Aangsunu's Blog

  • November 2011
    M T W T F S S
    « Oct   Mar »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  

Annisa Memikat Garin Nugroho

Posted by aangsunu on 28 November 2011

SINEAS Garin Nugroho lega setelah sekian lama dipusingkan tak menemukan pemeran utama wanita untuk film terbarunya yang berjudul Soegijapranata yang kini tengah digarap.
Film yang mengambil setting tahun 1940 -1949 dibutuhkan wajah yang khas Jawa. Pada suatu hari, saat mempersiapkan segala sesuatu untuk keperluan syuting film Soegijapranata, datanglah seorang gadis yang melamar untuk bermain film.
Gadis itu mampu menarik perhatian sehingga Garin meminta krunya untuk memotret gadis tersebut sebanyak-banyaknya dari berbagai angle.
“Tak mudah menemukan perempuan ayu dengan wajah khas Jawa sekarang. Tuti Indra Malaon sudah lama hilang. Selama ini kalau lihat sinetron-sinetron yang muncul adalah wajah-wajah bule. Maka ketika saya lihat dia, saya pikir ini cocok dipasang sebagai pemeran utama wanita,” kata Garin dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/11).
Gadis itu bernama Annisa Hertami Kusumastuti. Perempuan asal Muntilan, Jawa Tengah, dan cucu seorang pembuat buntil, makanan khas Jawa, tak banyak hambatan terpilih untuk membintangi film Garin terbaru tersebut.
Terlebih, ia punya pengalaman sedikit bermain film yang dibuat para mahasiswi Multi Media Training Center (MMTC) Yogyakarta, tempat dirinya kuliah.
“Ketika saya dinyatakan diterima, ini adalah kado terindah dari Tuhan bersamaan ulang tahun ke-23. Ketika dinyatakan diterima, tepat pada hari ulang tahun 7 Oktober,” kata Annisa.
Dia senang bisa bermain di film yang disutradarai Garin. Bahkan dia menjadi pemeran utama dalam film Soegijapranata, film yang mengangkat kisah kepahlawanan Mgr Soegijapranata yang dikenal sebagai seorang pahlawan nasional dan juga uskup pribumi pertama di Indonesia.
Posisinya sebagai pemimpin Gereja Katolik saat itu tidak menghalanginya untuk berjuang secara total demi kemerdekaan bangsa Indonesia.
“Tapi saya selalu menekankan bahwa saya ini adalah pekerja seni, artis, dan bukan selebriti,” kata almuni SMA Muhammadiyah II Yogyakarta ini. Annisa dalam film itu berperan sebagai Mariyem yang terpisah dari kakaknya akibat perang kemerdekaan.
Kisah di masa perang adalah kisah terpisahnya manusia dari orang-orang yang dicintai, kisah terpecahnya kemanusiaan.
Annisa akan bermain dengan Nirwan Dewanto sebagai pemeran Mgr Soegijapranata, Butet Kartaredjasa yang berperan sebagai koster Toegimin. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: