Aangsunu's Blog

  • March 2012
    M T W T F S S
    « Nov   May »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  

26 Pasar Tradisional Diperbaiki

Posted by aangsunu on 5 March 2012

PD Pasar Jaya rencananya akan memperbaiki 26 pasar tradisional yang ada di Jakarta. Apalagi usia fisik bangunan pasar tradisional di Jakarta sudah mencapai 20-30 tahun.
Yohanes Daramonsidi, Asisten Manager Divisi Humas PD Pasar Jaya, mengatakan, dari 26 pasar yang akan diperbaiki, sebanyak 17 pasar rencananya dilakukan peremajaan karena kondisi struktur bangunannya sudah tua. Sedangkan 13 pasar lainnya akan direvitalisasi dengan meningkatkan fasilitas, seperti pemasangan AC, penambahan cahaya, dan perbaikan lainnya.
“Untuk anggarannya perbaikan itu berbeda-beda disesuaikan dengan kondisi pasar yang akan diremajakan atau di revitalisasi. Contoh saja untuk peremajaan Pasar Kali Baru membutuhkan anggaran Rp 11 miliar,” ujar Yohanes, seperti dilansir Beritajakarta.com, akhir pekan lalu.
Dikatakan Yohanes, program peremajaan pasar ini merupakan rencana PD Pasar Jaya untuk menghadapi persaingan dengan pasar-pasar modern yang semakin menjamur. Setelah diperbaiki, keberadaan pasar tradisional ini tidak kalah dengan pasar modern.
Dikatakan Yohanes, sebelum diremajakan, PD Pasar Jaya akan sosialisasi dengan para pedagang. Untuk dapat meremajakan pasar, pihaknya memerlukan persetujuan 60 persen pedagang. Hal itu sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Area Pasar.
Menurut Yohanes, dari 153 pasar tradisional yang dikelola PD Pasar Jaya, 71 pasar di antaranya harus segera diremajakan atau direvitalisasi. Sejak 2009, PD PASar Jaya telah melakukan perbaikan pasar secara bertahap. Pada tahun 2009 dan 2010 telah melakukan perbaikan sebanyak 13 pasar. Sementara 2011 ada 13 pasar yang diperbaiki, di antaranya di Pasar Gondangdia, Pasar Benhil, dan Pasar Mayestik.
“Kami memiliki keunggulan dibandingkan pasar modern. Pasar tradisional bisa tawar menawar dengan pedagang, dan barang dagangannya lebih fresh. Sedangkan, pasar modern tidak bisa ditawar,” kata Djangga Lubis, Direktur Utama PD Pasar Jaya.
Diharapkan pada tahun 2012 pasar yang direnovasi akan selesai pada tahun 2014. “Perbaikannya bermacam-macam ada yang perbaikan kecil, sedang, besar dan renovasi total. Kami berkomitmen akan menyaingi pasar modern,” kata Djangga.
Pemprov DKI Jakarta berharap, dalam lima tahun ke depan, PD Pasar Jaya diharapkan menjadi raksasa ritel di ibu kota.
Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mengatakan, perjalanan 45 tahun PD Pasar Jaya selama saat ini masih terbentur peraturan. Karenanya, dalam waktu lima tahun ke depan, Pemprov DKI bertekad menjadikan PD Pasar Jaya sebagai raksasa ritel terbesar sehingga kesejahteraan para pedagang pun terjamin.
“Aturannya akan kita ubah dan lebih mengembangkan asetnya. Ini tekat saya, menjadikan PD Pasar Jaya menjadi raksasa ritel pada tahun 2017,” ujar Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta, saat menghadiri HUT ke-45 PD Pasar Jaya di Pasar Festival Ancol, Minggu (22/1).
Dikatakan Fauzi, aset PD Pasar Jaya terdapat di mana-mana dengan jumlah aset mencapai Rp 2 triliun. Namun, karena banyak terkendala aturan, membuat PD Pasar Jaya terlihat belum berkontribusi secara maksimal. “Saya yakin kalau ditekuni dan bekerjakeras, lima tahun ke depan PD Pasar Jaya akan menjadi raksasa ritel,” kata Fauzi.
Fauzi juga mengungkapkan, semua punya hak untuk tumbuh dan berkembang yang sama di Jakarta. Namun, PD Pasar Jaya yang memiliki aset besar belum mampu bersaing dengan para pengusaha ritel dan lainnya. Tentunya, ini merupakan tantangan untuk mengubah PD Pasar Jaya agar dapat bersaing dan menjadi pemain utama. “Saya kira siapapun yang memimpin Jakarta tentu akan memanfaatkan aset ini dan menjadikan PD Pasar Jaya ritel utama di Jakarta,” tegasnya,

Pasar yang Diperbaiki
Pasar Cipulir
Pasar Kawi-kawi
Pasar Cengkareng
Pasar Blok M
Pasar Tanahabang
Pasar Jatinegara
Pasar Kali Baru
Pasar Reges

Pasar yang Telah Diperbaiki
Pasar Melawai Blok M Square
Pasar Lenteng Agung
Pasar Cidodol
Pasar Pejagalan
Pasar Tomang Barat
Pasar Kedoya
Pasar Joharbaru
Pasar Perniagaan
Pasar Jambul Baru
Pasar Cipinangmuara
Pasar Cipinangbesar
Pasar Ciracas
Pasar Pademangan Barat
Pasar Palmeriam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: