Aangsunu's Blog

  • March 2012
    M T W T F S S
    « Nov   May »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  

Tahun 2012 Hanya Naik 5 Persen

Posted by aangsunu on 5 March 2012

Tren penjualan mobil pada bulan pertama tahun 2012 menunjukkan kenaikan dibandingkan dua periode yang sama tahun 2010 dan 2011. Pada bulan Januari 2012 total penjualan mobil secara nasional mencapai 76.435 unit.
Data itu dilansir oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Penjualan pada Januari 2010 dan 2011 masing-masing tercatat 52.831 unit dan 73.990 unit. Sementara total penjualan sepanjang 2011 juga mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2010. Pada tahun 2010, total penjualannya mecnapai 764.710 unit. Angka penjualan itu naik menjadi 894.180 unit.
Untuk tahun ini penjualan mobil secara nasional diperkirakan naik antara 3 persen dan 5 persen. Sedangkan kenaikan total penjualan tahun 2011 mengalami kenaikan 11 persen dibandingkan tahun 2010. Perkiraan kenaikan penjualan hanya 5 persen karena ada pembatasan bahan bakar minyak (BBM) pada April nanti.
Beberapa waktu lalu Sudirman Maman Rusadi, Ketua Umum Gaikindo, mengatakan, perkiraan kenaikan penjualan pada tahun ini ada beberapa pertimbangan. Pertama adalah krisis keuangan di Eropa dan pembatasan BBM pada bulan April nanti. Untuk pembatasan BBM ini masih akan dilihat lagi ketika peraturan itu dijalankan.
Data dari Gaikindo, penjualan mobil pada bulan Januari masih didominasi oleh Toyota. Merek itu membukukan penjualan sebanyak 29.189 unit. Setelah itu penjualan terbanyak adalah Daihatsu dan Mitsubishi. Kedua merek itu mencatatkan penjualan sebanyak 13.345 unit dan 11.941 unit.
Mitsubishi pada tahun ini menargetkan penjualan sebanyak 140.000 unit. Dengan target sebanyak itu, produsen itu akan mempunyai pangsa pasar sebanyak 15 persen. “Kami optimistis target bisa tercapai,” kata Rizwan Alamsyah, Direktur Marketing PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, selaku pemegang merek Mitsubishi di Indonesia
Data dari Gaikindo juga menunjukkan untuk merek lain juga mengalami kenaikan penjualan pada Januari 2012 dibandingkan Januari 2011. Seperti Suzuki, Honda, dan Nissan. Meski ada wacana pembatasan BBM pada bulan April nanti tidak menghalangi para pemegang merek di Indonesia merilis varian baru.
Sebut saja PT Honda Prospect Motor yang merilis Honda Odyssey, PT Mazda Motor Indonesia meluncurkan New Mazda RX-8 Spirit R, PT Garuda Mataram Motor merilis sport utility vehicle (SUV) The New Audi Q3.
PT Garuda Mataram Motor optimistis bisa meningkatkan volume penjualan mobil Audi sebesar 80 persen pada tahun 2012 ini dari total penjualan tahun 2011 yang mencapai 334 unit.
Menurut CEO Andrew Nasuri, PT Garuda Mataram Motor, pada penjualan mobil Audi tahun 2011 lalu, prestasi yang diraih Audi Indonesia terbilang melampaui target, meningkat dua kali lipat lebih dari penjualan tahun 2010. (ang/mur)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: