Aangsunu's Blog

  • March 2012
    M T W T F S S
    « Nov   May »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  

Yamaha Mio J, Skutik Injeksi

Posted by aangsunu on 5 March 2012

TEKNOLOGI sistem suplai bahan bakar dengan injeksi mulai diterapkan di motor berkapasitas mesin kecil. Termasuk di sepeda motor matik atau kerap disebut skutik. Yamaha Indonesia meluncurkan Yamaha Mio J. Motor ini merupakan penerus dari versi sebelumnya.
Yamaha Mio versi sebelumnya yang memakai karburator akan dihentikan. Eko Prabowo, General Manager Marketing Communication and Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, mengatakan, dalam waktu enam bulan hingga satu tahun versi sebelumnya akan dihentikan.
“Prosesnya akan bertahap. Untuk di Pulau Jawa mudah-mudahan yang bermesin karburator akan stop dalam waktu empat sampai enam bulan. Apalagi motor dengan sistem injeksi akan terus meningkat,” kata Eko saat ditemui di Yogyakarta pekan lalu.
Dikatakan Eko, selama proses pengalihan dari karburator ke injeksi akan terus dilakukan edukasi mengenai injeksi ini. Bahkan sebelum versi injeksi ini diluncurkan, Yamaha telah menyiapkan 2.500 bengkel untuk melayani after sales-nya. Persiapan bengkel itu juga diperkirakan akan ada pergeseran dari motor jenis bebek atau cub ke matik.
“Nanti juga ada pergeseran pemilik dari yang versi karburator ke injeksi. Loyalitas Mio cukup tinggi. Meskipun saat ini penjualan versi karburator masih banyak dibandingkan yang injeksi. Injeksi sudah kami siapkan sejak lama,” kata Eko.
Eko mengatakan, penjualan injeksi yang tidak cepat karena masih ada pemikiran dari konsumen kalau memakai injeksi itu repot dan susah dalam perawatan. Namun perlahan, saat ini pemikiran kalau merawat injeksi susah sudah mulai berubah. “Kami terus memberikan edukasi dengan berbagai cara,” katanya.
Dyonisius Beti, Executive Vice President Director PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, mengatakan, varian terbaru ini ditargetkan dapat terjual sebanyak 30.000 unit/bulan. Untuk varian yang lama secara perlahan akan dihentikan produksi. Selama ini, Mio menyumbangkan penjualan yang cukup baik. Maka untuk varian skutik ini pangsa pasar bisa mencapai 50 persen dari total penjualan secara nasional.
Di Indonesia skutik dengan sistem injeksi ini yang dijual oleh pemegang merek di Indonesia adalah Yamaha Mio J dan Honda Spacy. Honda Spacy sudah diluncurkan beberapa waktu lalu. Yamaha Mio J ini dijual dalam tiga varian. Mio J-FI dibandrol Rp 11,990 juta, Mio J CW-FI dijual dengan harga Rp 12,8 juta, dan Mio J-CW Teen FI dibandrol Rp 12,930 juta.
Touring
Sebelum diluncurkan secara resmi di Bandung, Sabtu (25/2), sebanyak 24 unit Mio J dipakai untuk touring dari Yogyakarta ke Bandung pada Jumat hingga Sabtu (24- 25/2). Rute perjalanan itu dibagi menjadi Yogyakarta ke Purwokerto dengan jarak tempuh 190 kilometer, dan Purwokerto ke Bandung dengan jarak tempuh 260 kilometer. Penampilan fisik varian baru ini tidak terlalu berbeda dengan varian sebelumnya.
Perjalanan Yogyakarta ke Purwokerto berangkat pukul 08.00. Kecepatan rata-rata 70 km/jam, konsumsi BBM dengan pertamax plus dapat dicapai 1 liter untuk 63 kilometer. Sementara kapasitas tangki 4,8 liter. Namun ada konsumsi BBM-nya mencapai 1 liter untuk 70 kilometer.
Setelah menginap di Purwokerto, Sabtu pagi perjalanan dilanjutkan menuju ke Kota Bandung. Tangki diisi penuh lagi, dan sekitar pukul 07.30, perjalanan dilanjutkan menuju ke Bandung melalui jalur selatan. Dengan kecepatan rata-rata 80 km/jam konsumsi BBM menjadi 1 liter 55 kilometer.
Memang perjalanan Purwokerto ke Bandung banyak ditemui jalan berliku dan menanjak. Ditambah dengan kepadatan lalu lintas selama perjalanan itu. Sedangkan hasil konsumsi perjalanan Yogyakarta ke Bandung rata-rata dicapai 1 liter untuk menempuh jarak 61 kilometer. Total jarak tempuh Yogyakarta ke Bandung adalah 460 kilometer. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: