Aangsunu's Blog

  • June 2012
    M T W T F S S
    « May   Jul »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    252627282930  

Aturan Uang Muka 30 Persen Sudah Lama Dijalankan

Posted by aangsunu on 4 June 2012

Mulai 1 Juni nanti, Bank Indonesia menerapkan aturan uang muka pembelian kendaraan secara kredit minimal 30 persen. Sebelum aturan itu berjalan, perusahan jasa keuangan pemberi kredit atau leasing sudah memberlakukan uang muka minimal 20-30 persen.
Herjanto Kosasih, Senior Marketing Manager WTC Manggadua, mengatakan, aturan itu juga berlaku untuk pembelian mobil seken. Bahkan untuk mobil merek asal Eropa minimal uang mukanya 30 persen.
“Jadi untuk mobil tidak ada masalah. Kecuali untuk produk tertentu ada yang bisa di bawah aturan itu. Itu pun dilihat dari selisih harga mobil baru dengan mobil seken. Maka sudah biasa dengan uang muka sebesar itu. Yang menjadi masalah adalah para pedagang sepeda motor dan pembeli sepeda motor,” ujar Herjanto, Selasa (29/5).
Dikatakan Herjanto, aturan dari Bank Indonesia itu tidak memengaruhi penjualan mobil seken. Meskipun pada bulan Mei penjualan mobil seken di WTC Manggadua sedang turun. Pada bulan April penjualan mobil seken bisa mencapai 2.350 unit. Hingga akhir bulan ini diperkirakan hanya tembus 2.100 unit.
“Penurunan itu bukan karena aturan uang muka tersebut. Banyak pedagang yang sedang mengumpulkan mobil untuk stok. Bulan Juni nanti penjualan akan turun lagi menjelang tahun ajaran baru. Bulan Juni diperkirakan akan turun menjadi 2.000 unit. Dan itu sudah menjadi siklus,” kata Herjanto.
Menjelang bulan Ramadan dan Lebaran, kata Herjanto, penjualan akan kembali meningkat. Banyak pemilik kendaraan yang akan mencari kendaraan. Baik mobil baru maupun seken. Saat ini, banyak pedagang dari luar Jakarta yang mencari mobil di Jakarta untuk dibawa ke luar Jakarta. Varian banyak yang dicari pedagang dari luar Jakarta adalah mobil keluarga alias multi purpose vehicle (MPV).
Herjanto mengatakan, saat ini mobil yang banyak dicari saat ini adalah mobil bermesin diesel. Mobil bermesin diesel saat ini menjadi primadona. Apalagi selisih harga BBM jenis premium dan pertamax sangat besar. Ada tren pemilik kendaraan yang mengganti mobil dengan mobil bermesin diesel. Seperti Toyota Innova diesel, Toyota Fortuner diesel, Mitsubishi Pajero, dan Toyota Kijang diesel. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: