Aangsunu's Blog

PT Astra Daihat…

Posted by aangsunu on 15 July 2012

PT Astra Daihatsu Motor selaku produsen Daihatsu di Indonesia melakukan recall sebanyak 51.930 unit Daihatsu untuk diperbaiki pada bagian dudukan ban cadangan dan steering rack. Daihatsu yang di-recall adalah Daihatsu Gran Max pikup dan Gran Max minibus, dan Daihatsu Sirion.
Gran Max pikup dan minibus yang harus diperbaiki masing-masing sebanyak 36.988 unit dan 11.715 unit. Kedua model yang di-recall itu merupakan produksi tahun 2007 hingga 15 Oktober 2010. Sedangkan jumlah Daihatsu Sirion yang di-recall sebanyak 3.227 unit yang diproduksi tahun 2008 hingga Maret 2011.
Ahmad Syaufi, Technical Service Division Head PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan, pemanggilan kendaraan untuk diperbaiki atau recall ini setelah potensi kerusakan di kedua model itu. Di Jepang, Daihatsu Motor Company menemukan potensi keretakan pada dudukan ban cadangan yang berada di bawah bodi.
“Keretakan itu berpotensi membuat dudukan ban lepas, dan ban terjatuh. Di Jepang varian ini sudah di-recall. Gran Max di seluruh Indonesia juga harus ditarik untuk diperbaiki,” kata Syaufi kepada wartawan, Selasa (29/5).
Syaufi mengatakan, Daihatsu Sirion yang diproduksi di Malaysia juga harus ditarik karena potensi terjadi karat pada bagian steering rack. Karat itu bisa muncul karena pada bagian atas steering rack terkena tetesan air yang keluar dari selang AC.
“Perbaikan tidak dikenakan biaya. Masa kampanye perbaikan mulai 29 Mei 2012 hingga 28 Mei 2013. Lama perbaikan untuk Gran Max maksimal 60 menit, sedangkan Sirion maksimal 50 menit,” kata Syaufi.
Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan, PT Astra Daihatsu Motor telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 15 miliar untuk melakukan perbaikan 51.930 unit Daihatsu.
Sementara terkait All New Toyota Avanza yang sempat di-recall beberapa waktu lalu, Amelia mengatakan, untuk All New Daihatsu Xenia tidak ada recall. “Untuk Xenia tidak ada masalah. Soal merek lain, saya tidak bisa berkomentar,” katanya.  All New Toyota Avanza sempat direcall terkait ada gangguan pada suspensi pada bagian roda belakang. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: