Aangsunu's Blog

IIMS 2012 Barometer Pasar Otomotif Indonesia

Posted by aangsunu on 26 July 2012

Penyelenggaraan Indonesia International Motor Show 2012 mulai mempersiapkan pameran otomotif terbesar di Indonesia ini. Agen Pemegang Merek (APM) dan industri pendukung otomotif di Indonesia juga bersiap-siap menghadapi peluang yang semakin terbuka lebar, menjadikan Indonesia sebagai pasar otomotif terbesar di ASEAN.
Yang juga menjadi keunggulan di Indonesia adalah naiknya angka GDP (gross domestic product) dari tahun ke tahun. Pada kuartal pertama 2012, angka GDP Indonesia tetap kuat berada pada posisi 6,3 persen, dan prediksi hingga akhir tahun akan terus meningkat hingga 6,5 persen.
Angka tersebut menempatkan Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi nasional terbesar di Asia Tenggara. Potensi yang besar ini mendorong hampir semua APM di Indonesia untuk terus meningkatkan nilai investasinya di industri otomotif nasional dengan menanbah kapasitas produksi dan juga menambah pilihan lini produk mereka dipasaran.
Pergerakan agresif dari APM ini juga ikut memperlebar peluang Indonesia berkompetisi menjadi yang terdepan di ASEAN. Kebutuhan kendaraan di Indonesia juga semakin meningkat dan dalam beberapa tahun terakhir kenaikannya mencapai 10-15 persen.
Hal ini tidak hanya terjadi untuk kendaraan penumpang tetapi juga untuk kendaraan niaga. Sebagai catatan, penjualan kendaraan niaga jenis pikap dan truk tahun lalu mencapai 270.205 unit. Seiring pertumbuhan ekonomi, permintaan kendaraan jenis ini juga dipastikan akan meningkat dari tahun ke tahun.
Data Gaikindo juga menunjukkan adanya kenaikan jumlah penjualan kendaraan bermotor di Indonesia. Jumlah penjualan pada semester pertama tahun ini mencapai 535.263 unit, naik dibanding jumlah penjualan tahun lalu yang mencapai 417.683 unit. Melihat kinerja penjualan pada semester pertama ini, Indonesia berpotensi besar mencapai jumlah penjualan sebesar 1 juta unit.
Peluang pasar
Indonesia International Motor Show 2012 sebagai pameran otomotif terbesar di tanah air ikut berperan membuka dan menjaga potensi Indonesia untuk menjadi pasar otomotif terbesar di ASEAN.
Sebagai pembanding, penyelenggaraan tahun ini, IIMS akan menggunakan lahan seluas 71.331 m2 atau naik lebih dari 10 persen dari luasan tahun lalu yang mencapai 63.654 m2. Ini lebih besar dari luas lahan Bangkok International Motor Show yang tahun ini mencapai 60.000 m2 atau pagelaran Tokyo Motor Show yang hanya menempati lahan seluas 34.919 m2.
IIMS 2012 akan menggunakan seluruh area JIExpo untuk lahan pameran APM dan industri pendukung otomotif. Panitia akan menggunakan Hall A, B, C, dan D untuk kendaraan penumpang sementara area outdoor untuk kendaraan niaga. Sampai dengan saat ini, tercatat 35 merek kendaraan yang terdiri dari 25 merek kendaraan penumpang dan 10 merek kendaraan niaga berpartisipasi pada IIMS 2012.
Merek kendaraan penumpang yang hadir dalam IIMS 2012, di antaranya Audi, BMW, Chevrolet, Chrysler, Daihatsu, Dodge, Ford, Geely, Honda, Hyundai, Infinity, Jeep, KIA, Mazda, Mercedes-Benz, Mitsubishi Motors, Mini, Nissan, Peugeot, Smart, Subaru, Suzuki, Tata Motors, Toyota, dan VW. Sedangkan untuk kendaraan niaga yang akan tampil antara lain FAW, Foton, Hino, Isuzu, MAN Trucks, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, Toyota Dyna, serta UD Trucks.
Terjadi peningkatan jumlah peserta dibandingkan tahun lalu yang hanya menampilkan 32 merek APM. Yang terbaru adalah hadirnya Tata Motors pada IIMS 2012.
Johnny Darmawan, Ketua Penyelenggara IIMS 2012, mengatakan, optimistis terhadap industri otomotif Indonesia yang dapat dilihat dari semakin berkembangnya pameran IIMS dari tahun ke tahun. “Dukungan penuh para APM dalam IIMS tahun ini menunjukkan kepercayaan mereka akan potensi pasar otomotif Indonesia dan peluang besar kita untuk menjadi yang terdepan di industri otomotif ASEAN”.
Johnny mengatakan, para pelaku otomotif, masyarakat luas juga diharapkan ikut membantu merealisasikan hal ini dengan mengunjungi IIMS 2012 dan membantu pertumbuhan penjualan kendaraan di Indonesia. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: