Aangsunu's Blog

Penjualan Blackberry Bersaing dengan Outlet Operator

Posted by aangsunu on 2 August 2012

PENJUALAN Blackberry di konter-konter penjualan telepon seluler (ponsel) juga bersaing dengan para operator ponsel. Pasalnya para operator juga menawarkan smartphone dengan sistem penjualan paket atau bundling.
Menurut para pedagang ponsel, operator menawarkan paket bundling karena ada layanan push email. Termasuk paket penggunaan general packet radio service (GPRS). Maka tidak semua ponsel yang masuk dalam kelompok smartphone mudah ditemui di konter-konter penjual ponsel, seperti di ITC Roxy, ITC Kuningan- Mal Ambasador, Senin (1/12).
“Tidak semua toko menjual Blackberry karena harganya juga masih sangat mahal. Belum lagi soal garansi. Misalnya BlackBerry Bold 9000 itu harga jualnya bisa bermacam-macam. Karena tergantung paketnya, seperti paket kartu perdana di operator, garansi, dan tanpa garansi. Kalau pun ada banyak toko paling menampung penjualan BlackBerry seken,” ujar seorang pedagang di ITC Kuningan sambil meminta namanya untuk tidak dikutip.
Dia mengatakan, untuk Blackberry Bold 9000 tanpa garansi dijual dengan harga Rp 7,7 juta-Rp 7,8 juta. Pedagang itu menyebutnya seperti penjualan ponsel BM. Sedangkan dengan garansi dapat dijual dengan harga Rp 8,2 juta hingga Rp 8,4 juta. Itu pun garansi dari dealer dengan lama garansi selama 1 bulan. Tetapi, barang seperti peminatnya tidak banyak karena tidak semua pengguna ponsel paham akan fasilitas dari ponsel itu.
Hal senada juga dikatakan oleh Susi dari Toko Jaya Seluler. Dia mengatakan, ponsel yang masuk dalam kategori smart phone jarang dijual di konter-konter seperti tempatnya bekerja. Kalau pun ada, hanya memasang model atau dummy dan akan dicari jika ada konsumen yang akan membelinya. Menurutnya, perputaran smartphone tidak cepat dibandingkan ponsel biasa.
“Harganya juga termasuk tinggi. Paling tidak harga dijual dengan harga Rp 8 juta lebih. Paling murah sekitar Rp 5 jutaan, yakni BlackBerry seri 8320. Meski harganya segitu pun juga tidak menarik konsumen. Kalau pun ada ya kami juga menampung penjualan seken. BlackBerry seken dapat dibandrol dengan harga Rp 3 juta. Itu pun jumlahnya juga tidak banyak. Belum tentu dalam seminggu bisa menjual lebih dari dua unit Blackberry seken,” ujar Susi. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: