Aangsunu's Blog

Sawahbesar Alternatif Mencari Onderdil

Posted by aangsunu on 2 August 2012

SEPANJANG Jalan Sukarjo Wiryopranoto atau yang dikenal dengan Jalan Sawah Besar, Anda bisa mencari berbagai keperluan kendaraan. Mulai dari onderdil, aki, spion,dan audio dapat ditemui. Dari yang dijual di toko hingga yang dijual di pinggir jalan itu.
Mulai dari simpang empat Sawah Besar –dari arah Jalan Hayam Wuruk– hingga menjelang Stasiun Kereta Api Sawahbesar mudah ditemukan toko-toko penjual onderdil. Semua jenis merek mobil buatan Jepang hingga Eropa dapat dicari. Mulai dari Toyota, Suzuki, Mercedes, dan BMW dapat dicari.
Meski letaknya dipinggir jalan, calo tidak terlalu mencolok bahkan tidak terlalu banyak. Seperti yang terlihat di Pasar Asem Reges. Calon konsumen dapat dengan tenang mencari onderdil dengan tenang tanpa ada gangguan. Anda tinggal memilih toko yang sesuai dengan merek kendaraan yang dipakai.
Oleh karena itu, Sawahbesar menjadi salah satu alternatif untuk mencari onderdil. Bahkan di jalan itu mudah menemukan toko yang hanya fokus dalam menjual produknya. Misalnya toko yang khusus menjual aki mobil. Di sepanjang jalan itu paling tidak ditemui enam toko yang khusus menjual aki. Salah satunya adalah Toko Jaya Mulia.
Dengan demikian, kata Billy selaku pemilik toko, harga aki yang ada di Sawahbesar lebih murah dibandingkan di tempat lain. Dia menggambarkan, toko- onderdil di Sawahbesar itu sama dengan pertokoan Manggadua. Meski lokasi toko itu terbuka namun harga terjangkau. Harga antara toko juga bersaing.
“Di sini kami menawarkan harga mulai Rp 100.000 sampai Rp 700.000. Yang harga paling murah adalah merek yang tidak dikenal. Tetapi kami juga menawarkan produk unggulan yakni buataan General Motor, Amerika Serikat. Harga yang ditawarkan antara Rp 200.000 hingga Rp 800.000, tergantung dari kebutuhan dan jenis mobil,” kata Billy.
Murahnya onderdil juga diakui oleh Indri, seorang karyawan, yang sedang mencari spare parts mobil Timor tahun 1997. “Di sini harga bisa lebih murah dibandingkan di tempat lain seperti Palmerah atau Senen. Apalagi dibandingkan dengan dealer yang harganya lebih mahal,” katanya.
Dia hendak mencari kampas rem mobil Timor untuk roda depan. Indri menyebutkan harganya kampas rem itu lebih murah hingga 20 persen dibandingkan di dealer resmi. Namun kondisi barang sama yakni barang yang dijual adalah onderdil orisinil.
Murahnya harga juga dibenarkan seorang mekanik lepas yang bernama Maulana. Selain harga onderdil murah, jasa perbaikan juga murah dibandingkan di bengkel resmi. Mengenai kualitas, para montir lepas berani diadu dengan montir bengkel resmi.
Misalnya, untuk tune up, harga yang ditawarkan saat ini lebih kurang Rp 35.000 sedangkan di bengkel resmi mencapai Rp 60.000 sampai Rp 70.000. Bahkan di para mekanik lepas itu dapat menerima order untuk perbaikan mobil yang turun mesin. Harganya untuk perbaikan turun mesin bisa lebih murah hingga 30 persen. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: