Aangsunu's Blog

Tips Berbusana Bagi Ibu Bekerja

Posted by aangsunu on 10 August 2012

Sebagian ibu masa kini pasti sibuk. Apakah sibuk dengan kegiatan di rumah atau dengan pekerjaan kantoran atau punya usaha sendiri. Ibu yang merangkap sebagai pekerja atau kerap disebut wanita karier, lebih mudah terlihat. Biasanya ia membawa berbagai macam hal. Misalnya laptop dan tas plastik belanjaan. Terkadang ibu yang bekerja memiliki dua dunia berbeda tetapi menyatu. Sebelum ke kantor, mengambil rapor sang buah hati. Atau menghandiri pertemuan orangtua murid dan guru. Siang hingga sore berada di kantor untuk beraktivitas. Mulai dari rapat hingga membuat activity plan.
Dengan status ibu yang bekerja di kantor, tentu waktu yang dimilikinya pun menjadi terbagi. Ia semaksimal mungkin untuk mengatur waktu dan bersikap praktis. Termasuk saat memakai busana untuk bekerja. Ibu berusaha memadupadankan busana yang praktis. Nah, di sini ada beberapa tips seperti dikutip dari bajuatasan.com bagi ibu yang juga bekerja.
1. Kurangi busana one piece
Tak perlu terlalu banyak membeli dress, jumpsuit, atau busana one piece lainnya. Pasalnya Anda hanya bisa mengenakannya sesekali saja. Orang akan langsung menyadari ketika Anda mengenakan busana one piece, karena cukup ikonik. Satu kali pakai, dan harus langsung mencuci pakaian tersebut. Jarang bisa dikenakan berkali-kali.
2. Blazer dan jaket
Blazer dan jaket formal adalah cara terbaik untuk menciptakan kesan profesional di atas rok ataupun celana. Jika Anda mengganti bawahannya dengan jins atau legging, blazer atau jaket terlihat seru dan chic. Pilih jaket atau blazer dengan warna solid (satu warna), berpotongan pas tubuh, dan tanpa banyak detail. Investasikan pada ukuran panjang yang berbeda. Jaket atau blazer yang dikenakan sebagai luaran, saat tak terlalu kotor pun bisa dikenakan berkali-kali asal pakaian yang Anda kenakan di dalamnya diganti.
3. Rok
Rok adalah busana profesional yang penting untuk dimiliki. Sedikit motif pada rok masih aman untuk dimiliki. Pastikan Anda bisa mengombinasikan busana ini dengan busana lain. Tidak ada salahnya memilih rok ukuran menengah, tak terlalu pendek, tetapi juga tak terlalu panjang. Anda bisa bergerak bebas tanpa harus khawatir rok akan terangkat saking pendeknya, atau susah bergerak karena terlalu panjang.
4. Celana panjang
“Aturan” seputar celana panjang tak jauh dari “aturan” pada nomor 2. Pilih warna solid. Celana warna aman dengan potongan yang cantik pada tubuh, seperti boot cut atau wide leg akan terlihat chic saat dipadankan dengan jaket denim, windbreaker, blazer, dan sebagainya. Celana berwarna khaki mudah dipadupadankan. Namun, waspada dengan celana bahan warna khaki yang terlalu tipis, karena bisa meninggalkan kesan kurang menarik jika terlalu “menyeplak” pada lekuk atau timbunan lemak di bagian pinggul dan bokong, belum lagi jika ada visible panty line (VPL).
5. Blus/baju atasan cantik
Pilih blus atau atasan dengan variasi pada lengan baju dan detail minim yang menarik. Bayangkan busana cantik, tetapi Anda juga masih bisa bergerak bebas saat mengurus anak yang berlarian atau minta dibantu mengenakan sabuk pengaman di bangku belakang. Lengan terlalu panjang dengan model lonceng akan menyulitkan Anda bergerak saat harus mengerjakan hal-hal seperti itu.
6. Cardigan
Cardigan dengan segala model bentuk leher, baik V-neck atau scoop neck akan membantu Anda untuk bergerak sambil terlihat menarik. Ketimbang membeli sweater yang hanya bisa dikenakan sekali-sekali plus perawatan yang sulit, cardigan adalah pilihan terbaik.
7. Tas tangan besar
Tas tangan besar akan membantu Anda membawa banyak barang, mulai dari dompet, makeup, sisir kecil, ponsel, agenda, sekaligus tisu basah, tisu kering, dan barang keperluan si kecil. Pastikan tas tangan itu cukup kuat melewati berbagai “cobaan” tapi juga gaya saat dibawa bertemu klien.
8. Perhiasan atau aksesori
Perhiasan adalah hal kecil yang membuat seorang wanita terlihat cantik dalam sekejap. Anting, kalung, dan jam tangan yang tidak terbuat dari desain serupa, asalkan warna bahannya sama, seperti perak atau emas sudah cukup. Pilih yang desainnya simpel serta elegan. Tak perlu membeli gelang besar yang berderet dan bunyi setiap kali Anda bergerak. Anda akan banyak bergerak, terbayang betapa berisiknya gelang itu?
9. Pakaian dalam
Ini adalah investasi terbaik untuk Anda merasa percaya diri. Sebagian wanita cuek saja bila pakaian dalamnya tidak matching, tetapi bagi sebagian wanita, pakaian dalam harus senada, setidaknya warnanya. Untuk Anda yang tipe “miss matching”, lebih baik beli pakaian dalam harian dengan warna yang sama. Aturan ini hanya untuk pakaian dalam yang akan Anda kenakan sehari-hari. Simpan pakaian dalam mahal dan hanya untuk malam khusus suami di tempat yang berbeda, nah, bagian itu boleh Anda isi dengan warna-warni yang lain. Anda akan menghemat banyak waktu jika pakaian dalam harian Anda memiliki warna sama, tak pusing mencarinya di pagi hari.
10. Stoking
Anda tipe pengguna stoking? Kalau ya, dari jauh-jauh hari, pastikan Anda menyimpan cadangan stoking baru di rumah dan di kantor. Anda tak pernah tahu kejadian apa yang akan membuat stoking Anda berlubang. Ini adalah hal yang paling memalukan karena membuat Anda terlihat tidak perhatian.
11. Scarf atau syal
Scarf atau syal juga adalah pilihan manis untuk menambah kesan cantik. Bisa diikatkan pada tas, pada leher, atau menutup rambut di hari yang panas. Pastikan warnanya cukup aman dipadankan dengan busana-busana yang Anda miliki. Bahkan saat ini juga ada syal yang bisa membantu mengurangi sengatan sinar ultraviolet matahari.
12. Perhatikan bahannya
Anda tahu aktivitas harian Anda akan tinggi, tak jarang pula Anda akan tergesa-gesa dan busana berkeringat. Pastikan busana yang Anda miliki terbuat dari bahan yang menyerap keringat, hindari membeli busana yang rencananya akan Anda kenakan harian dengan tag “Dry Clean Only”. Tipe busana “Dry Clean Only” akan butuh waktu untuk membersihkannya dan harganya pun tak murah. Busana dengan lambang seperti itu hanya bisa dikenakan sesekali, khususnya saat acara formal.
Poin-poin di atas adalah tips bagi ibu yang ingin tetap terlihat menarik sambil menjalani aktivitasnya sebagai ibu dan pekerja aktif. Namun tak perlu dibawa pusing, karena di akhir hari, si kecil sebenarnya tidak terlalu memedulikan apa yang Anda kenakan, yang penting ia tahu, Anda ada di dekat dia setiap kali ia butuh. (aang sunu)

Sumber: Kompas.com

One Response to “Tips Berbusana Bagi Ibu Bekerja”

  1. bar height patio furniture…

    […]Tips Berbusana Bagi Ibu Bekerja « Aangsunu's Blog[…]…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: