Aangsunu's Blog

Industri Otomotif Sumbang Rp 80 Triliun

Posted by aangsunu on 21 September 2012

Pameran otomotif The 20th Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 diresmikan Wakil Presiden RI Boediono, Jumat (21/9). Beberapa menteri juga hadir seperti Menteri Perindustrian Mohammad S Hidayat, Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, dan para pejabat maupun duta besar negara sahabat.
Wakil Presiden Boediono menyatakan Indonesia memiliki potensi pasar yang luar biasa. Besarnya potensi pasar ini bisa digunakan untuk mendorong bisnis. “Kita memiliki faktor yang bisa digunakan untuk mengangkat pasar domestik yaitu sumber daya alam dan sumber daya manusia yang besar”.
Johnny Darmawan, Ketua Penyelenggara IIMS 2012, mengatakan, saat ini industri otomotif Indonesia menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Dalam lima tahun terakhir industri otomotif mengalami peningkatan yang signifikan dan permintaan pasar dari tahun ke tahun terus menunjukkan kenaikan.
Pada tahun 2012 industri otomotif kembali menorehkan pencapaiannya, hal tersebut terlihat dari angka produksi hingga bulan Juli yang naik sebanyak 33,5 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.
“Kami berharap dalam waktu dekat, industri otomotif nasional bisa menjadi yang terdepan di ASEAN. Selain itu, kami juga berharap penyelenggaraan Indonesia International Motor Show ini bisa memotret kemajuan industri otomotif nasional serta kemajuan ekonomi Indonesia pada umumnya,” kata Johnny.
Johnny mengatakan, potensi pasar di Indonesia mendorong hampir semua APM di Indonesia meningkatkan nilai investasinya di industri otomotif nasional dengan menambah kapasitas produksi dan juga menambah pilihan lini produk mereka dipasaran.
Pergerakan agresif APM juga menjadikan industri otomotif sebagai salah satu sektor industri yang memberikan kontribusi terbesar terhadap GDP nasional, saat ini industri otomotif menjadi salah satu sektor penyumbang pajak terbesar dengan angka kontribusi mencapai Rp 80 triliun. “Jumlah ini bisa lebih besar lagi apabila seluruh mata rantai otomotif lainnya ikut diperhitungkan” katanya. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: