Aangsunu's Blog

  • October 2012
    M T W T F S S
    « Sep   Nov »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    293031  

Banyak Langkah yang Harus Dilalui Jokowi

Posted by aangsunu on 12 October 2012

LANGKAH pertama Joko Widodo (51) sudah terlampau. Dalam dua kali putaran Pemilukada DKI Jakarta, pria asal Surakarta, Jawa Tengah, ini tampil sebagai peraih suara terbanyak untuk menjabat Gubernur DKI Jakarta. Pengusaha mebel ini dapat mengalahkan petahana Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo.
Masih banyak langkah yang harus dilalui oleh Joko “Jokowi” Widodo bersama pasangannya, Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja “Ahok” Purnama. Mereka harus menjalankan amanah dari warga Jakarta yang memilih pada 20 September 2012.
Banyak pekerjaan yang menanti Jokowi dan Ahok hingga 2017 nanti. Di antaranya kemacetan, transportasi, banjir, penataan kampung kumuh, menata pemukiman bantaran kali, dan sebagainya.
Bahkan pria yang menjabat Wali Kota Solo 2005-2010 dan periode 2010-Oktober 2012 menyatakan ingin langsung bekerja setelah resmi dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta. Dia tidak ingin sekedar bekerja di belakang meja. Bapak tiga anak ini ingin terus mendatangi kawasan pinggiran dan kumuh di Jakarta. Kawasan itulah ingin ditata agar menjadi wilayah yang menjadi lebih manusiawi. Ibarat makan bubur ayam dimulai dari pinggir dulu.
Soal transportasi Jakarta, Jokowi sudah mulai menjajal ketika partai yang mengusungnya PDI-P dan Gerindra mendaftarkan ke KPUD DKI Jakarta. Alumnus Fakultas Kehutanan UGM yang pernah merantau ke Aceh itu datang ke KPUD dengan naik Kopaja.
Ketika itu dia ingin tahu apakah Kopaja yang dinaiki itu masih layak atau tidak. Jokowi menilai Kopaja itu tidak layak dan harus segera diganti. Mungkin tidak hanya satu atau dua Kopaja yang tidak layak. Bisa saja ada ratusan angkutan umum lainnya yang tidak layak.
Soal kesehatan dan pendidikan, Jokowi tinggal melanjutkan program itu. Kedua progam ini oleh Fauzi Bowo sudah diluncurkan dalam bentuk Jaminan Kartu Kesehatan Daerah (Jamkesda) dan pendidikan gratis dari SD hingga SMA. Kedua sudah diluncurkan pada tahun. Program itu akan diselaraskan dengan rencana kerja Jokowi.
Di sisi lain yang terlihat Jokowi. Setiap mendatangi warga di sebuah perkampungan, Jokowi selalu tersenyum. Sambil berjalan dan menyapa, dia selalu tersenyum. Terlihat senyum ikhlas dan tulus yang muncul dari wajah pria yang meraih Bung Hatta Anticorruption Award itu.
Ya kita tinggal tunggu kerja Jokowi yang rencananya akan dilantik pada 11 Oktober 2012 nanti. Semoga kerja Jokowi sama dengan saat menjabat Wali Kota Solo. Yang selalu memilih ke lapangan dibandingkan ke acara yang sifatnya seremonial. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: