Aangsunu's Blog

  • November 2012
    M T W T F S S
    « Oct   Dec »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    2627282930  

Honda Racing School AHM Kembali Rekrut Calon Pembalap

Posted by aangsunu on 30 November 2012

PT Astra Honda Motor (AHM) melanjutkan program pembinaan pembalap masa depannya dengan merekrut bibit-bibit pembalap muda melalui program Honda Racing School (HRS) tahap II tahun ini.
Pelaksanaan tahap II tahun ini dipusatkan di Sirkuit Speed City Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali pada 26-29 Nopember 2012. Tahap pertama telah dilaksanakan di Sentul International Karting Circuit (SIKC) pada bulan Juli lalu.
HRS merupakan program AHM untuk menyiapkan pembalap melalui pola pembinaan yang berjenjang dan terstruktur. Program ini sendiri memasuki tahun ketiga penyelenggaraan sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2010.
General Manager Marketing Planning and Analysis Division AHM Agustinus Indraputra mengatakan, pembinaan para calon pembalap ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam mendukung pada pengembangan dunia balap di tanah air.
Program tahap II tahun ini menjaring 10 siswa terpilih dengan usia di bawah 15 tahun dari berbagai daerah di Indonesia, mulai Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, dan Bali.
Mereka disaring dari berbagai pengamatan yang dilakukan tim AHM terhadap event kejuaraan balap daerah maupun kejuaraan nasional dan event balap lokal.
Melalui HRS ini, AHM membina para pembalap muda usia tersebut. Setelah belajar dan berlatih di HRS mereka akan mendapat kesempatan tampil di event final one make race, Honda Racing Championship. Mereka bahkan mendapat kesempatan bertanding di ajang kejuaraan nasional Motorprix maupun Indoprix jika ada tim Honda yang tertarik dan merekrutnya.
“Jika prestasinya di tim Honda terus meningkat, kami akan dorong agar dapat bertanding ke ajang balap international. Jadi pembinaan yang kami lakukan sifatnya bertahap dan berkelanjutan sehingga bukan sekadar berpartisipasi di dunia balap saja,” ujar Indraputra.
Manager Safety Riding and Motor Sports Department AHM Anggono Iriawan mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan kurikulum khusus untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan dan keterampilan balap siswa HRS. Implementasi kurikulum ini akan dilakukan dibawah bimbingan dua pelatih yang sudah dipilih AHM yaitu Wawan Hermawan dan Putu Roy Nugraha.
Keduanya merupakan pembalap berpengalaman dengan jam terbang yang tinggi bertanding di berbagai sirkuit, baik yang permanen dalam negeri maupun luar negeri, atau juga lintasan non permanen.
“Prinsipnya skill mereka akan diasah. Skill cornering, braking, racing line, overtaking, dan hal-hal lain yang berguna akan kami ajarkan. Mereka juga harus mampu menaklukkan beragam sirkuit karena seri kejurnas dilakukan di sirkuit permanen dan non permanen.”
Anggono menambahkan pemilihan sirkuit Speed City GWK Bali ini karena sikuit ini memiliki dua karakter sirkuit, permanen maupun non permanen. Selain dilengkapi dengan speed corner yang butuh pengasahan skill rolling speed, juga terdapat tikungan yang harus ditaklukkan dengan hard-braking yang jadi ciri khas sirkuit non permanen di Indonesia. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: