Aangsunu's Blog

  • December 2012
    M T W T F S S
    « Nov   Jan »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  

Sharing Session Broadband dan Digital Lifestyle

Posted by aangsunu on 14 December 2012

Menutup tahun 2012, Telkomsel Area II Jabotabek Jabar mengadakan Sharing Session Telkomsel Broadband & Digital Lifestyle. Operator seluler itu memaparkan layanan-layanan broadband dan fokus perkembangan pada bisnis digital.
Head of Area Jabotabek Jabar Group Venusiana Papasi mengatakan, sepanjang tahun 2012, Telkomsel Area Jabotabek Jabar terus meningkatkan layanan data dan value added service (VAS) berbasis broadband dalam kompetisi di industri telekomunikasi yang semakin ketat, sehingga berhasil tumbuh dua digit.
Pertumbuhan ini juga didorong oleh pembangunan BTS yang di sepanjang tahun 2012, baik BTS 2G maupun 3G. Tahun ini telah membangun 2.550 unit BTS, berupa 950 BTS 2G dan 1.600 BTS 3G. Dengan penambahan tersebut, Telkomsel di Area Jabotabek Jabat telah memiliki jaringan komunikasi broadband terluas dan rapat yang didukung oleh sekitar 14.000 BTS, termasuk lebih dari 5.000 BTS 3G.
“Jaringan broadband akan meningkatkan akses telekomunikasi berbasis data dengan kecepatan tinggi. Di Jakarta kami telah menghadirkan BTS terbanyak dan tersebar rapat,” kata Venus.
Venus mengatakan, selain pembangunan infrastruktur BTS, tercatat beberapa program penjualan telah menjadi kunci keberhasilan tahun 2012. “Broadband goes to Residential, Broadband goes to Rural, Untukmu Guruku, Haisobat.com, Flash & BB Competition, Kampung Paling Indonesia, hingga Pesta Isi Ulang sebagai program retensi, telah terbukti di respon positif oleh pasar.”
Bisnis digital
Industri seluler Indonesia terus bergerak memasuki tahap maturasi dengan penetrasi teledensitas mencapai 120 persen. Sebelumnya layanan suara dan pengiriman pesan singkat ke arah layanan data (mobile broadband).
“Kami harus mengambil peluang dari perubahan itu dengan fokus bergerak di bisnis digital, kami akan terus mencari pelanggan baru melalui beberapa layanan yang disiapkan antara lain mobile advertising, digital solutions, layanan people to machine, atau machine to machine,” kata Venus.
“Pelanggan nantinya tidak terbatas hanya jumlah penduduk, tetapi juga mesin-mesin peralatannya, seperti mobil, sepeda motor atau elektronik. Dengan kata lain pelanggan non-human, bagaimana mesin-mesin itu bisa dikendalikan melalui perangkat seluler.”
Sementara itu, Head of Regional Account Management Jabotabek Department, Katrini Nathisarasia, mengatakan, beberapa indikator kesiapan mengakusisi pelanggan-pelanggan non-human.
“Segmen korporasi telah banyak memanfaatkan layanan ini lewat Corporate Business Solution, seperti: Fleet Management, Electronic Data Capture (EDC), Sales Force Automation, Telemetry, Mobile Tracking, dan Mobile Virtual Private Network (mVPN),” kata Katrin.
“Pertumbuhan pelanggan non-human terus meningkat selama 4 tahun terakhir, di 2012 pelanggan non-human saja sudah mencapai hampir separuh total pelanggan,dan layanan-layanan digital mengambil porsi 47 persen dari total layanan korporasi,” kata Katrin. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: