Aangsunu's Blog

  • April 2013
    M T W T F S S
    « Mar   May »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    2930  

Kuartal I/ 2013, Skutik Honda Kuasai 71 Persen Pangsa Pasar

Posted by aangsunu on 15 April 2013

PT Astra Honda Motor (AHM) mengakhiri kuartal I/2013 dengan menguasai 70,9 persen pasar motor skutik setelah berhasil menjual 870.874 unit. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI), sepanjang kuartal I tahun ini, total penjualan pasar motor skutik tercatat 1.228.963 unit atau tumbuh 16,6 persen dibandingkan dengan periode Januari-Maret 2012.

Pertumbuhan penjualan skutik Honda jauh lebih tinggi karena dibandingkan dengan kuartal I/2012 yang hanya 649.794 unit, tercatat terjadi lonjakan penjualan sebesar 34 persen.

Thomas Wijaya, Deputy General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor, mengatakan, kepraktisan berkendara pada skutik menjadi faktor utama yang mendorong masyrakat memilih model ini, selain desain dan fiturnya yang menarik.

“Dominasi Honda di segmen skutik juga tidak terlepas dari desain dan fitur yang menarik dari model skutik Honda. Ditambah mesinnya yang tangguh dan hemat bahan bakar. Pencapaian Honda pada kuartal I/2013 ini merupakan bukti nyata kepercayaan konsumen terhadap produk skutik Honda,” kata Thomas.

Penyumbang terbesar penjualan skutik Honda adalah Honda Beat series dan Vario series. Astra Honda Motor berhasil meningkatkan penjualan Honda Vario series hingga 49,6 persen dari hanya232.059 unit pada kuartal I tahun lalu menjadi 347.122 unit pada kuartal I tahun ini.
Honda Beat series juga mengalami lonjakan pertumbuhan 44,3 persen dari 314.263 unit pada kuartal I/2012 menjadi 453.623 unit pada periode yang sama tahun ini. Selain mendapatkan kontribusi signifikan dari Vario series dan Beat series, kekokohan posisi Honda sebagai raja skutik juga diperkuat oleh model skutik lain seperti Honda Scoopy dengan penjualan 41.499 unit, Honda Spacy series sebesar 27.660 unit, dan skutik premium Honda PCX sebesar 970 unit.

Selain mendominasi segmen skutik, pada triwulan I 2013 ini, Astra Honda Motor juga berhasil mempertahankan kepemimpinannya di pasar motor domestik. Pada periode ini, berhasil mencatat penjualan sebesar 1.209.059 unit atau tumbuh 14 persen dibanding periode yang sama tahun lalu yang hanya sebesar 1.063.695 unit.

Pertumbuhan penjualan motor Honda tersebut tercatat jauh melebihi pertumbuhan pasar nasional yang hanya tumbuh dua persen dari 1.931.677 unit pada kuartal pertama 2012 menjadi 1.960.850 unit pada periode yang sama tahun ini.

Sementara di segmen motor bebek, Astra Honda Motor juga berhasil mempekuat posisinya dengan pangsa pasar sebesar 60,3 persen. Angka ini diraih setelah berhasil menjual sebanyak 253.898 unit sepeda motor bebek yang merupakan kontribusi dari Honda Revo series 91.291 unit, Honda Blade sebesar 43.170 unit, dan Honda Supra series sebesar 119.437 unit.

Motor Sport Melonjak

Di segmen motor sport, Astra Honda Motor berhasil menyuguhkan jajaran model sport Honda. Sebanyak 84.287 unit motor sport Honda berhasil terjual di kuartal pertama tahun ini atau melonjak 79,1 persen dibandingkan dengan pencapaian periode yang sama tahun lalu sebesar 47.072 unit. Pencapaian ini mendongkrak pangsa pasar sport Honda menjadi 27,1 persen dari sebelumnya yang hanya 19,9 persen.

Kesuksesan penjualan motor sport Honda ditopang model terbaru Honda Verza sebesar 25.067 unit dan Honda CB150R StreetFire sebesar 38.031 unit. Kedua model terbaru motor sport Honda ini berkontribusi 74,8 persen terhadap total penjualan sport Honda.

Selain itu, model sport Honda yang telah lama menemani masyarakat Indonesia juga tetap berhasil merebut hati pecinta motor sport nasional, seperti Honda MegaPro terjual 14.297 unit, Honda Tiger 3.035 unit, Honda CS1 sebanyak 6 unit, dan motor sport premium Honda CBR series 3.851 unit.

“Kami optimistis, motor Honda dapat terus menemani masyarakat Indonesia di bulan-bulan berikutnya pada tahun ini. Kami tidak akan berhenti memberikan produk-produk terbaik sesuai kebutuhan masyarakat dengan didukung jaringan purna jual Honda yang tersebar di seluruh Indonesia,” kata Thomas. (ang)

2 Responses to “Kuartal I/ 2013, Skutik Honda Kuasai 71 Persen Pangsa Pasar”

  1. […] Sept), dan Suzuka (1-2 Nov). Agustinus Indraputra, General Manager Marketing Planning and Analysis Astra Honda Motor, mengatakan, All Japan Championship kelas Moto3 menjadi ajang pengasahan balap tingkat Asia yang […]

  2. […] Indraputra, General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, mengatakan, besarnya kepercayaan masyarakat terhadap sepeda motor sport Honda menginspirasi […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: