Aangsunu's Blog

Mengintip Mobil Baru di IIMS 2013

Posted by aangsunu on 20 September 2013

Mulai Kamis (20/9), perhelatan tahunan otomotif, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 dapat disambangi oleh pengunjung di kawasan JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat.
Pameran yang sudah digelar sebanyak 21 kali ini akan dimeriahkan oleh 36 agen pemegang merek dan 276 industri pendukung otomotif. Hajatan ini digelar di atas lahan seluar 75.000 meter persegi.
“Adalah keinginan kami untuk memamerkan potensi yang dimiliki oleh industri otomotif Indonesia ke mata dunia. IIMS akan memberikan gambaran pasti kepada dunia internasional akan semakin majunya industri otomotif Tanah Air,” kata Sudirman MR, Ketua Umum Gaikindom belum lama ini kepada wartawan.
Sudirman mengatakan, pameran ini akan memaksimalkan lima area hall JI Expo untuk para agen pemegang merek (APM). Maka Dyandra Promosindo selaku pelaksana pameran juga menambahkan lima semi-permanen hall di lokasi outdoor yang diperuntukkan khusus untuk industri pendukung otomotif Indonesia.
“Kami harap lewat dukungan IIMS 2013 terhadap industri pendukung akan membuka jalan lebih luas bagi pengembangan sub sektor-industri lokal,” kata Sudirman.
Smart vehicle mobility
Pada pameran kali ini, IIMS 2013 mengusung tema Smart Vehicle Mobility, yang diharapkan dengan tema tersebut ingin menekankan pentingnya efisiensi bahan bakar dengan memperkenalkan sistem transportasi dengan standar efisiensi yang mengurangi pemborosan bahan bakar serta mengurangi emisi gas buang berlebih.
Tema yang diusung IIMS 2013 juga mendapat dukungan penuh dari para APM peserta pameran yang bisa dilihat dari berbagai teknologi yang mereka usung serta tema booth tiap APM yang merupakan turunan dari tema besar IIMS tahun ini.
PT Garansindo Inter Global, misalnya, pada IIMS tahun ini menurunkan tiga brand dibawah naungannya yakni Chrysler, Dodge, dan Jeep akan menampilkan tema Earth, Wind, and Fire pada booth-nya.
Pengunjung akan merasakan perjalanan dari sebuah perusahaan mobil yang mengedepankan elemen-elemen natural. Earth, ditandai dengan kehadiran merk Jeep, sebagai kendaraan penjelajah. Wind, gambaran sebuah kedinamisan serta keindahan, yang diwakili oleh produk Dodge dan Chrysler. Sedangkan Fire, element api, menandakan semangat yang tidak padam dari satu merek baru yang akan lahir.
Sedangkan BMW Group Indonesia akan memperkenalkan seri terbarunya. BMW akan menunjukkan keindahan desain dan teknologi yang diusung oleh mobil itu. Sedangkan MINI yang juga tergabung dalam BMW Group Indonesia, akan menghadirkan ragam model edisi spesial dengan desain interior dan eksterior yang menarik dan eksklusif
Konsisten dengan tagline Daihatsu Sahabatku, Daihatsu hadir dengan tema Compact ECO Mobility Best Friend yang berarti Daihatsu adalah Sahabat Sejati Gaya Hidup Hijau, Hemat, dan Kompak. Pada IIMS ini, Daihatsu menampilkan 16 unit yang di antaranya merupakan kemunculan perdananya di dunia otomotif, termasuk lima unit concept car, yang diantaranya adalah AYLA World.
Masih bertema teknologi hijau, Toyota mengusung Smart Mobility for Better Tomorrow sebagai tema booth mereka. Toyota memboyong 25 produk, dan dua di antaranya merupakan special exhibit yang akan memberikan kejutan bagi para pengunjung.
“Dukungan APM menunjukkan komitmen mereka untuk terus memajukan industri otomotif tanah air. Kehadiran APM dengan mengusung tema selaras dengan tema IIMS 2013 menambah kemeriahannya,” tutur Johnny Darmawan, Ketua Penyelenggara IIMS 2013.
Brand baru
Dalam perhelatan nanti, ada merek global yang akan hadir di Indonesia. Seperti Datsun dan Renault. Merek lain yang baru pertama kali berpartisipasi adalah Land Rover. Terkait hal ini, Johnny mengatakan, hadirnya brand-brand baru ini dengan teknologi terbaik yang mereka miliki tentu akan menambah khasanah produk baru otomotif Indonesia.
Pada acara tahuan ini ada program baru yakni Gymkhana Race War. Gymkhana mengombinasikan teknik mengemudi drift dan slalom saat melintasi track dengan menekankan unsur kecepatan dan ketepatan waktu di dalam track. Kegiatan ini menghadirkan beberapa kategori kelas kejuaraan, yaitu kelas 1.200 cc, 1.400 cc, dan FFA (free for all). (ang)

PELAKSANAAN IIMS 2013
Senin-Kamis: 11.00-21.00
Jumat-Minggu: 10.00-21.00
Harga Tiket: Senin-Kamis: Rp. 40.000
Jumat-Minggu: Rp. 60.000
Gratis untuk pengungjung usia di bawah 4 tahun dan di atas 70 tahun.
Lokasi: Jakarta International Expo, Gedung Pusat Niaga Arena PRJ
Bus gratis menuju lokasi dari:
Pondok Indal Mall 2
Plaza Senayan
Central Park
Margo City
Tamini Square
Mall Artha Gading
Mega Kemayoran
Carrefour: Lebak Bulus, Puri Indah, Cempaka Putih, MT Haryono

One Response to “Mengintip Mobil Baru di IIMS 2013”

  1. […] perkembangan industri ini bisa dilihat dari penyelenggaraan IIMS yang telah memasuki tahun ke-22. IIMS semakin mempertegas posisi Indonesia sebagai salah satu negara produsen otomotif di […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: