Aangsunu's Blog

Target Industri Otomotif Indonesia Terbesar di Asia Tenggara

Posted by aangsunu on 20 September 2013

Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) secara resmi dibuka, Kamis (19/9) di JI-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat. Pameran yang menjadi agenda wajib bagi para pelaku, pengamat, konsumen dan pecinta dunia otomotif ini dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Boediono.
Sejalan dengan target dan harapan pemerintah, pelaku industri otomotif menyambut optimistis industrialisasi otomotif. Hal ini sejalan dengan target Indonesia untuk menjadi pusat otomotif terbesar di Asia Tenggara.
Ketua Penyelenggara IIMS 2013, Johnny Darmawan, mengatakan, dalam situasi yang sulit seperti dialami dalam periode semester kedua tahun 2013, industri otomotif Indonesia masih berada dalam kondisi yang cukup stabil. Berbagai pencapaian positif telah berhasil diraih di tahun 2012 yang lalu.
Produksi kendaraan roda empat mencapai 1.065.557 unit atau naik 27,1 persen dibandingkan produksi tahun 2011. Dalam periode Januari-Juli tahun ini produksi mencapai 692.666 unit.
Sementara permintaan akan kendaraan bermotor terus meningkat seiring dengan meningkatnya daya beli masyarakat. Pada tahun 2012, penjualan mobil mencapai 1.116.230 unit atau 32,3 persen dari market share ASEAN sebesar 3.454.672 unit. Dalam periode Januari-Juli tahun ini penjualan mencapai 714.400 unit.
Namun, Johnny mengatakan, IIMS bukan hanya sekadar pameran otomotif, namun juga sebuah ajang promosi untuk lebih memperkenalkan dan menunjukkan kepada dunia, besarnya potensi yang dimiliki industri otomotif nasional demi mencapai tujuan untuk menjadi pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara.
“Kami berharap Indonesia International Motor Show tahun ini akan menjadi ajang yang mampu memotret tidak saja kemajuan industri otomotif Indonesia tetapi juga kemajuan perekonomian Indonesia secara umum sehingga dapat menarik minat investor asing untuk mengembangkan usahanya di negeri ini,” kata Johnny.
Pameran tahun ini menggunakan area seluas 75.101 meter persegi untuk menampung peserta yang meliputi total 36 merek kendaraan bermotor, yang terdiri dari 27 merek kendaraan penumpang dan sembilan merek kendaraan niaga, serta 276 perusahaan pendukung industri. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: