Aangsunu's Blog

BBM (Bisa) Diunduh di Android dan iOS

Posted by aangsunu on 22 September 2013

Mulai Sabtu (21/9) pengguna smartphone berbasis sistem Android sudah bisa mengunduh aplkasi BlackBerry Messenger (BBM) mulai pukul 18.00. Sedangkan pengguna iPhone bisa mengunduh mulai pukul 00.01 hari Minggu (22/9).
“Dengan lebih dari satu miliar ponsel Android, iOS (sistem operasi iPhone), dan BlackBerry yang beredar di pasaran, dan tidak adanya platform mobile messaging yang sangat dominan, ini benar-benar waktu yang tepat untuk membawa BBM ke pengguna Android dan iPhone,” kata Wakil Presiden Eksekutif BlackBerry Messenger Andrew Bocking, seperti dikutip Kompas.com, Jumat (20/9).
Untuk mengunduh aplikasi itu, mengunduh melalui Google Play dan App Store. Atau memperoleh aplikasi BBM dari situs resmi BlackBerry di http://www.bbm.com dengan jadwal yang sama dengan di atas.
Aplikasi BBM bisa berjalan di iPhone dengan sistem operasi iOS versi 6/7, sedangkan untuk Android adalah Android Ice Cream Sandwich dan Jelly Bean (Android 4.x).
Meski dapat diunduh, aplikasi BBM ini masih membutuhkan personal identification number (PIN) sebagai alat otentifikasi agar dapat berkirim pesan. Salah satu yang dibutuhkan pengguna untuk mendapatkan PIN adalah dengan memasukkan akun BlackBerry ID di aplikasi BBM.
Senior Director Marketing Asia Pacific BlackBerry, Krishnadeep Baruah, mengatakan, BlackBerry ID harus dimiliki setiap pengguna yang ingin memakai BBM. Ada dua hal yang dapat dilakukan pengguna untuk sign-in menggunakan BlackBerry ID.
Paket data
Yang membedakan untuk menjalankan aplikasi BBM antara di smarthphone BlackBerry dan Android serta iPhone adalah akses untuk menjalankan aplikasi itu. Jika pengguna smarthphone BlackBerry untuk bisa mengakses BBM harus berlangganan paket data khusus BlackBerry yang dikenal dengan BlackBerry Internet Services (BIS).
Langganan BIS ini melalui operator yang beroperasi di Jakarta dengan biaya mulai dari harian hingga bulanan. Biaya berlangganan mulai dari Rp 5.000 untuk harian hingga ratusan ribu rupiah untuk bulanan.
Nah, bagi pengguna Android dan iPhone tidak perlu berlangganan BIS. Untuk menjalankan aplikasi BBM cukup berlangganan data internet. Kalau bisa menggunakan berlangganan data internet yang unlimited. (ang)

Fitur BBM yang bisa dijalankan di Android dan iPhone:
1. Chatting.
2. Berbagi foto dan voice notes.
3. Membuat BBM group hingga 30 pengguna.
4. Notifikasi perubahan status.
5. Personal Identification Number (PIN).

Cara Menjalankan Aplikasi BBM di Android dan iPhone
1. Mentransfer akun BlackBerry ID
Jika sebelumnya menggunakan smartphone BlackBerry dan sudah memiliki akun BlackBerry ID, Anda cukup memasukkan akun tersebut saat login di aplikasi BBM pada perangkat Android atau iPhone. Secara otomatis, seluruh kontak BBM Anda akan ditransfer ke BBM di perangkat Android atau iPhone.
Dalam kasus ini, saat login di BBM Android atau iPhone, Anda akan mendapatkan PIN dan barcode baru. PIN ini akan selamanya melekat dengan akun BlackBerry ID. Jadi, tidak akan berubah selama Anda menggunakan BlackBerry ID yang sama. Sementara itu, PIN atau barcode lama Anda akan tetap melekat pada ponsel BlackBerry.
2. Membuat akun BlackBerry ID baru
Anda dimungkinkan untuk membuat akun BlackBerry ID baru dari perangkat Android ataupun iPhone. Ini juga bisa dilakukan dari PC dengan mengunjungi tautan ini. Setelah mengisi semua data yang diminta, Anda akan mendapatkan PIN dan barcode unik untuk otentikasi. BBM tidak menggunakan nomor ponsel untuk otentifikasi. Selanjutnya, Anda dapat memasukkan BlackBerry ID tersebut di perangkat Android atau iPhone lainnya.
Jika ingin daftar kontak yang ada di BlackBerry ditransfer ke Android/iPhone, lakukan proses login menggunakan BlackBerry ID di ponsel BlackBerry terlebih dahulu.
Satu BlackBerry ID hanya dapat digunakan pada satu perangkat. Jika satu BlackBerry ID digunakan pada dua perangkat, salah satu perangkat tidak akan bisa menggunakan BBM.
Sama dengan kasus di atas, saat login di BBM Android atau iPhone, Anda akan mendapatkan PIN dan barcode baru. PIN ini akan selamanya melekat dengan akun BlackBerry ID. Jadi, tidak akan berubah selama Anda menggunakan BlackBerry ID yang sama.
3. BBM lintas platform ini hanya dapat berjalan di perangkat yang memakai sistem operasi Android versi 4.0 ke atas dan iOS 6 ke atas.
4. Cara mengundang kontak BBM sama persis dengan di perangkat BlackBerry. Pengguna bisa mengundang melalui PIN, memindai barcode, lewat e-mail, juga SMS.
Sumber: Kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: