Aangsunu's Blog

Ketika Nonton Iklan Dibayar Melalui Wepayou

Posted by aangsunu on 29 September 2013

Selama ini pola promosi audio-visual relatif sama. Pengiklan memasang iklannya di televisi atau bioskop, dan belakangan Youtube, lalu publik menyaksikannya. Kecuali bila cerita serta pesannya menarik atau produknya memang relevan, iklan sering disikapi sebagai informasi yang sekadar lewat begitu saja.

Untuk lebih menarik perhatian, Dalang Digital, sebuah perusahaan pemula (start up) yang berpusat di Jakarta mengenalkan media alternatif beriklan audio-visual. Melalui situs http://www.wepayou.co, Dalang Digital menyodorkan konsep memirsa iklan berimbalan. Setiap usai menonton video komersial di Wepayou, pemirsa yang sudah mendaftar (sign up) akan memperoleh sejumlah dana yang berasal dari pengiklan.

Nurmanjaya, penggagas Wepayou yang juga CEO Dalang Digital, mengatakan, konsep website ini dapat bermanfaat bagi banyak pihak; tak hanya pengguna namun juga pemilik video yang diputar di wepayou. Selain dari menonton video, pemirsa juga bisa menambah saldo dana melalui kuis berhadiah atau mekanisme lain yang dibuat pemasang video.

Dana yang terkumpul dapat dimanfaatkan untuk dua hal. Pertama untuk menambah pulsa telepon prabayar. Top up pulsa bisa untuk nomor selular pemilik akun, atau dapat dialihkan ke nomor selular lain. Selain itu, dana Wepayou juga bisa ditransfer untuk donasi ke lembaga-lembaga sosial dan laporan penyaluran donasi akan dimuat secara berkala di blog Wepayou.

“Opsi donasi membuat Wepayou menjadi semacam wadah kolaborasi aksi sosial antara produsen dengan konsumen,” ujar Nurman.

Bagi pengiklan yang memasang video, Wepayou adalah sebuah konsep promosi yang proporsional. “Mereka membayar sesuai jumlah view. Semakin banyak yang menonton, semakin banyak dana yang dikeluarkan untuk membayar pengguna. Namun hal ini bukan hanya lebih efektif dan efisien, tapi juga terukur,” kata Nurman.

Oleh karena durasinya lebih fleksibel, disarankan agar video di Wepayou dibuat lebih informatif dan tak hanya sekadar memasarkan produk. Misalnya, produsen penyedap masakan bisa memasang serial video berisi tujuh tips praktis untuk sarapan pagi selama sepekan. Atau, produsen pelumas mesin memasang serial video tips pemeliharaan sendiri kendaraan bermotor, atau Video klip, iklan pendaftaran mahasiswa baru sampai iklan lowongan kerja.

Untuk mendukung informasi yang disampaikan melalui video, Wepayou menyediakan tautan (link) di bawah layar. Melalui tombol tautan yang teksnya bisa disesuaikan dengan isi kontennya itu, pengguna akan terhubung dengan laman yang berisi teks ataupun gambar. Bisa tentang penawaran khusus berikut formulir pesanannya, misalnya, atau juga rincian persyaratan melamar sebuah lowongan kerja. Mulai 27 September 2013, http://www.wepayou.co versi percobaan sudah bisa diakses melalui laptop. Akses Wepayou via ponsel baru bisa dilakukan pada saat peluncuran resminya November mendatang. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: