Aangsunu's Blog

Komitmen Daihatsu Kembangkan Mobil Kompak

Posted by aangsunu on 29 September 2013

Sebagai spesialis pembuat mobil kompak atau K-Cars, Daihatsu konsisten mengembangkan kendaraan kompak, hemat energi, dan ramah lingkungan. Setelah sebelumnya memperkenalkan tiga mobil konsep dalam Ayla World, pada 24 September 2013 Daihatsu memperkenalkan lima mobil konsep yang untuk pertama kalinya dipamerkan di dunia atau disebut World Premiere Concept Car.

Kelima mobil konsep tersebut adalah DR-Estate, Ultra Functional Compact (UFC)-2, Cross-over Utility Vehicle (CUV), NC-Y, dan NC-Z. Daihatsu konsisten menampilkan mobil konsep dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 sebagai sarana edukasi sekaligus memperkenalkan inisiatif Daihatsu dalam mendukung gaya hidup Compact.

Daihatsu DR Estate merupakan inovasi dan penyempurnaan mobil konsep sport Daihatsu D-R Concept yang telah dipamerkan pada IIMS 2012. Desain sporty eksterior dipadukan dengan interior yang elegant ditata lebih kreatif menggunakan bahan dengan kualitas tinggi membuat tampilan DR Estate sangat stylish. Hadir dengan ruang bagasi lebih luas, mesin berkapasitas 660 cc dilengkapi dengan turbo, sangat cocok untuk menjadi sahabat gaya hidup eksekutif muda yang aktif.

Berbeda dengan DR Estate, UFC-2 dirancang sebagai mobil kompak untuk tujuh penumpang dengan desain modern dan sporty. UFC-2 dilengkapi dengan kabin luas dan nyaman dengan pengaturan kursi yang fleksibel. Sejalan dengan tagline Your Ecomobility Family’s Best Friend, Daihatsu UFC–2 memiliki desain interior yang futuristik dan sporty yang sangat tepat bagi keluarga muda yang menginginkan sebuah kendaraan yang fungsional tetapi tetap sporty.

Mobil konsep lainnya yang menjadi perhatian pengunjung booth Daihatsu adalah CUV, yaitu mobil bagi penyuka petualangan yang dapat digunakan untuk berbagai kondisi jalan. Tampilan eksterior two tone color dan sporty serta interior yang berkesan futuristik elegan membuat mobil ini tampak tangguh. Pintu samping didesain secara khusus tanpa pilar B sehingga memudahkan akses keluar dan masuk penumpang. Pintu belakang dapat dibuka ke atas dan ke bawah menambah keleluasaan penggunanya. Kursi baris kedua dan ketiga pun dapat dilipat sehingga keleluasaan dapat diatur dengan fleksibel.

Tidak kalah menarik, dua mobil konsep NC-Y dan NC-Z juga memanjakan mata pengunjung dengan tampilannya yang simple namun fungsional. Daihatsu NC-Y didesain sesuai dengan kebutuhan pengguna mobil perkotaan di Indonesia dengan teknologi yang ramah lingkungan dan harga terjangkau. NC-Y sangat cocok bagi mereka yang mengutamakan kepraktisan berkendara. Sedangkan NC-Z memiliki platform yang serupa dengan NC-Y namun berbalut desain sporty dan dinamis.

“Mobil-mobil konsep ini baru pertama kali ditampilkan di dunia, kami harap mobil konsep ini dapat menjadi inspirasi bagi dunia otomotif. Daihatsu terus berupaya menjaga konsistensi sebagai perusahaan manufaktur yang berada pada barisan terdepan dalam pengembangan mobil kompak dan generasi selanjutnya melalui kemampuan Research and Development yang kuat” kata Pradipto Sugondo, Executive Officer Research and Development PT Astra Daihatsu Motor. (ang)

One Response to “Komitmen Daihatsu Kembangkan Mobil Kompak”

  1. Jakarta, BosMobil.com – Setidaknya ada 4 mobil konsep yang dipamerkan Astra Daihatsu Motor dan sudah mendekati produksi. Keempat mobil tersebut adalah UFC 2, NC-Y, NC-Z dan CUV. Keempat mobil ini diperkirakan akan menuju ke produksi massal dalam beberapa tahun kedepan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: