Aangsunu's Blog

  • October 2013
    M T W T F S S
    « Sep   Nov »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28293031  

Wisatawan Merancang Liburan Kembali Setelah Usai Liburan

Posted by aangsunu on 1 October 2013

Kapankah wisatawan mulai mencari dan memesan tiket untuk liburan mereka? Temuan Wego, metasearch travel terkemuka di Asia Pasifik dan Timur Tengah, bisa memberikan gambaran menarik.

Data pencarian tiket di Wego mengindikasikan wisatawan tak menunggu lama untuk merencanakan dan memesan tiket untuk liburan mereka selanjutnya. Rata-rata, hanya berselang satu atau dua minggu sejak mereka kembali dari liburan sebelumnya. Gambaran ini terlihat dari peningkatan pencarian tiket di seluruh pasar.

Sebagai contoh, pencarian tiket pesawat di Timur Tengah naik 42 persen tak lama setelah libur panjang Idul Fitri pada bulan Agustus, jika dibandingkan dengan tren pencarian tiket pesawat pada dua bulan sebelumnya. Hal ini juga terlihat di Indonesia. Pencarian tiket naik 42 persen pada satu minggu setelah libur Lebaran.

Di Singapura, peningkatan pencarian tiket pesawat terlihat pascaliburan Tahun Baru China, naik 19 persen. Sedangkan di Hongkong dan China, terjadi kenaikan pencarian tiket pesawat hingga 59 persen setelah perayaan Golden Week.

“Rupanya, sebelum membongkar koper dan merapikan peralatan, mereka sudah memikirkan rencana liburan selanjutnya,” kata Joachim Holte, Chief Marketing Officer Wego, dalam keterangan tertulis, Selasa (1/10).

Temuan Wego rupanya selaras dengan sebuah riset yang pernah dilakukan psikolog Jessica de Bloom. Studi Jessica mengindikasikan kegalauan pascaliburan dapat muncul dengan cepat ketika euforia liburan telah habis. “Studi ini memberikan gambaran universal tentang pikiran dan suasana hati wisatawan. Secara signifikan, ini dapat berdampak pada semua sektor bisnis wisata,” kata Holte.

Holte mengatakan, pelaku industri pariwisata yang memahami kondisi ini akan cenderung menargetkan wisatawan tak lama sejak liburan berakhir, sebelum masuk ke periode liburan utama.

“Dalam hal ini kami sepakat dengan Jessica de Bloom. Satu-satunya cara untuk mengatasi kegalauan pascaliburan adalah dengan traveling lebih sering, dan mulai lah merencanakan liburan selanjutnya, saat kita masih dapat merasakan sisa-sisa semangat liburan tersebut!” kata Holte. (ang)

2 Responses to “Wisatawan Merancang Liburan Kembali Setelah Usai Liburan”

  1. cibabel said

    informasi yang menarik.

  2. aangsunu said

    terima kasih telah berkunjung ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: