Aangsunu's Blog

1.500 Yamaha R15 Dipesan Dalam Waktu 23 Jam

Posted by aangsunu on 23 April 2014

Sebanyak 1.500 unit Yamaha YZF-R15 dalam satu hari lewat pemesanan secara online pada Selasa (15/4) menjadi fenomena di pasar otomotif Tanah Air. Yamaha Indonesia melihat ini berkaitan erat dengan menguatnya pergerakan ekonomi kelas menengah.
Berdasarkan data BPS dan lembaga riset Frontier Consulting Group, 58,4 persen orang di Indonesia pendapatannya Rp 3 juta-Rp 8 juta. Angka itu cukup menjelaskan mengapa R15 laris manis. Dengan harga Rp 28 juta on the road Jakarta, dan uang muka Rp 6 juta, daya beli masyarakat kelas menengah cocok untuk konsumen pengguna R15.
“Harga R15 dan uang muka yang cocok dengan kantong penduduk kelas menengah, tambah lagi dengan produk ini yang memang sangat dinantikan, membuat konsumen tidak berpikir panjang untuk membelinya. Dalam waktu 23 jam, banyak berlomba-lomba “berebut” R15 yang unitnya terbatas lewat inden online,” kata Eko Prabowo, GM Marketing Communication & Community Development Yamaha Indonesia, Jumat (18/4).
Eko memperkirakan kemungkinan adanya pergeseran pemilihan produk dari bebek/matik ke sport yang memengaruhi gaya hidup masyarakat. Apalagi prediksi pertumbuhan kelas menengah akan mencapai 150 juta orang pada 2014. Dalam satu dekade terakhir pertumbuhan ekonomi Indonesia melahirkan banyak kelas menengah baru yang mengonsumsi barang dan jasa non kebutuhan primer.
Yamaha hanya butuh satu hari dari satu bulan waktu yang diberikan kepada konsumen, untuk menjual habis 1.500 unit YZF-R15. Itu artinya R15 yang didistribusikan Yamaha melalui cara indent online langsung sold out dalam sehari!
Saat dibuka Selasa kemarin melalui situs http://www.IWantYamahaR15.com, 1.500 unit yang dipasarkan khusus itu ludes di hari itu juga terhitung dari pukul 00.00-23.00. “Kami minta maaf kepada konsumen yang belum berkesempatan memiliki R15 dengan hadiah helm HJC Jorge Lorenzo. Dengan begitu, indent online ini resmi ditutup,” kata Eko.
Yamaha akan mulai mengirimkan R15 pada pertengahan Mei kepada konsumen di area Jakarta dan sekitarnya yang beruntung mendapatkan R15 secara indent online. Lalu setelah itu dilanjutkan untuk konsumen di area-area lainnya.
Dominasi pasar
Sementara itu, PT Astra Honda Motor (AHM) mengakhiri kuartal I/2014 dengan menguasai 63 persen pangsa pasar sepeda motor nasional setelah berhasil menjual 1.254.662 unit.
Berdasarkan data Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI) periode Januari-Maret 2014, total penjualan motor nasional tercatat sebanyak 1.990.375 unit atau naik 1 persen dibandingkan tahun lalu. Honda dapat menjual 1.254.662 unit.
“Sepanjang kuartal I/2014, Astra Honda secara aktif meluncurkan produk-produk berteknologi PGM-FI sebagai bagian dari pemenuhan komitmen injeksi Honda,” kata Thomas Wijaya, Deputy General Manager Sales Division AHM.
Penyumbang terbesar penjualan Honda didominasi penjualan tipe skutik. Sepanjang Januari-Maret, skutik Honda terjual sebanyak 904.445 unit . Di segmen motor bebek, dapat menjual 226.115 unit. Sedangkan motor sport Honda pada tiga bulan pertama tahun ini terjual sebanyak 124.102 unit.

PENJUALAN MOTOR JANUARI-MARET
Januari Februari Maret
Honda 366.797 423.950 463.070
Yamaha 173.502 214.532 226.897
Suzuki 30.012 27.900 25.160
Kawasaki 8.188 12.226 10.127
TVS 862 478 375
Sumber: AISI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: