Aangsunu's Blog

  • May 2014
    M T W T F S S
    « Apr   Jun »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  

Konsumen Indonesia Paling Optimistis

Posted by aangsunu on 5 May 2014

Konsumen Indonesia dinilai sebagai konsumen paling optimistis pada kuartal I/2014. Di wilayah Asia Tenggara, Indonesia bersama Filipina dan Thailand berada pada daftar 10 teratas negara dengan kepercayaan tertinggi. Sedangkan Singapura dan Vietnam termasuk dalam kategori di atas rata-rata global.

Hal itu diungkap dalam laporan yang disusun oleh Nielsen Global Survey of Consumer Confidence and Spending. Dalam riset itu menunjukkan indeks kepercayaan diri konsumen Indonesia tetap tertinggi secara global.

Indonesia pada kuartal I/2014 mendapatkan skor 124. Skor ini sama dengan kuartal sebelumnya. Setelah Indonesia, ada Filipina yang berada di tempat ketiga dengan skor 116, naik dua poin dibandingkan skor sebelumnya.

Begitu juga dengan Thailand yang tercatat dengan skor 108, turun satu poin dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Sementara Singapura dan Vietnam mendapatkan skor 99. Malaysia mengalami penurunan sebanyak enam poin menjadi 92. Sedangkan angka rata-rata global adalah dengan skor 94.

Survei yang sudah dilakukan sejak tahun 2005 ini mennyurvei kepercayaan diri konsumen, kekhawatiran utama, dan keinginan berbelanja lebih dari 3.000 responden dengan akses internet di 60 negara.

Indeks kepercayaan diatas dan dibawah angka standar 100 mengindikasikan tingkat optimistis dan pesimistis.
Meski turun 1 poin dibandingkan dengan kuartal IV/2013, konsumen Indonesia masih tercatat sebagai yang paling optimistis di dunia mengenai keadaan keuangan pribadi mereka dimana 84 persen menyatakan keadaan keuangan pribadi mereka untuk 12 bulan ke depan baik atau sangat baik.

Keinginan konsumen Indonesia untuk berbelanja pada kuartal ini sedikit menurun dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Di kuartal keempat 2013, sebanyak 56 persen konsumen menyatakan satu tahun ke depan adalah waktu yang baik atau sangat baik untuk membeli barang yang mereka inginkan atau butuhkan; di kuartal pertama 2014 angka tersebut turun menjadi 53 persen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: